Jakarta merupakan Ibukota negara Indonesia. Banyak orang yang mengidam-idamkan untuk dapat bisa berkunjung ke Jakarta dan mengelu-elukannya. Impian bahwa enaknya bekerja dan tinggal di Jakarta tidak seperti kenyataannya. Dilansir dari Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP) pada pertengahan tahun 2014 lalu, ada beberapa kota yang memenuhi standar-standar kenyamanan hidup penduduk Indonesia dengan ukuran standar kenyamanan itu adalah ketersediaan lapangan pekerjaan dan seberapa mudah penduduknya pulang-pergi dari rumah ke tempat kerja selain Jakarta. Berikut adalah kota-kota yang bisa dijadikan sebagai kota idaman di Indonesia:

1. Balikpapan

Balikpapan (virtualtourist.com)

Balikpapan ditumpu oleh industri minyak bumi dan gas, perdagangan, dan jasa. Penghasilan dari sektor tersebut juga menjanjikan, membuat begitu banyak perantau yang bekerja di Balikpapan karena bekerja di sektor tersebut. Untuk membuka usaha kecil-kecilan juga tidak perlu ragu, karena pemerintah setempat berkomitmen untuk melindungi pengusaha lokal dengan regulasi khusus untuk minimarket yang di kota lain justru menjamur. Balikpapan juga jarang sekali mengalami kemacetan, kecuali ketika di lampu lalu lintas.

2. solo

Kota Solo (indonesia.travel.com)
Bus Solo (wikimedia.org)

Solo merupakan kota dimana kehidupan budaya di dalamnya hidup selaras dan berdampingan dengan bentuk-bentuk pembangunan terkini. Kamu tidak perlu takut akan fasilitas kesehatan di Solo. Rumah sakit dan puskesmas tersebar di berbagai wilayah. Ketersediaan listrik, air bersih, dan jaringan telekomunikasi pun terpenuhi. Solo juga tak kekurangan pilihan untuk destinasi wisata. Mulai dari wisata belanja, alam, seni, budaya, dan sejarah, Solo memilikinya. Solo juga dikenal dengan iklim bisnisnya yang tinggi dan keterbukaannya terhadap investasi yang tentunya akan berdampak pada semakin banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan. Yang tidak boleh terlupakan, industri batik juga merupakan industri khas bagi kota yang dilalui oleh Sungai Bengawan Solo ini.

3. Malang

Malang (thejakartapost.com)

Perekonomian kota Malang banyak didukung oleh pariwisata, industri, manufaktur, pertanian, industri kecil dan makro. Banyak lapangan pekerjaan yang tersedia untuk sektor-sektor itu. Jumlah destinasi wisata yang semakin banyak dan ternama. Pusat rekreasi seperti mall, bioskop, taman kota, museum, dan pusat belanja juga turut menumbuhkan lapangan pekerjaan yang luas. Industri rokok, tekstil dan garmen, manufaktur, dan aneka industri semakin melengkapinya. Kemudian, iklim pendidikan di Malang juga tergolong baik dan tidak perlu khawatir karena trayek angkutan umum di kota Malang terbilang banyak dan bisa membantumu untuk bermobilitas.

4. Yogyakarta

Tugu Yogyakarta (berbagai sumber)

Tak berbeda jauh dengan Solo, Yogyakarta juga dapat menghadirkan nuansa budaya tradisional dan modernitas ke setiap masyarakatnya. Penduduknya juga terkenal ramah dan terbuka. Selain itu, informasi layanan publik juga tersedia via media internet dan sosial media karena pemerintahnya juga sudah melek dengan IT dan keterbukaan informasi. Fasilitas kesehatan di Yogyakarta terbilang memadai, terlebih banyak pendatang yang datang setiap tahunnya. Jangan khawatir mengenai destinasi wisata, kamu tinggal memilih satu atau beberapa dari begitu beragamnya pilihan rekreasi. Di kota ini juga terkenal akan perkembangan industrinya baik UKM, pertanian, pariwisata, hingga pendidikan. Karena dikenal sebagai kota pelajar, tidak mengherankan apabila bisnis-bisnis yang berlokasi di sekitar kampus selalu diminati pasar.

5. Bandung

Gedung Sate (berbagai sumber)

Meski Bandung berhawa sejuk, penduduknya tak lantas bermalas-malasan. Justru begitu banyak industri dan usaha kreatif yang bertumbuhan di tempat yang berjuluk Kota Kembang ini. Seiring laju pariwisata yang tinggi, kamu akan mudah menemui banyak sekali pusat-pusat perbelanjaan di kota Bandung. Memang tak dapat dipungkiri kalau kota-kota yang memiliki potensi wisata, juga punya perekonomian yang maju.

(anb)