Bagaimana rasanya ketika kamu telah berhasil melalui masa-masa ujian? Hari demi hari yang kamu nantikan untuk bisa melewati Ujian Nasional. Setelah keluar dari SMA kamu akan dihadapkan dengan dunia pendidikan yang lebih menantang. Mungkin ada perasaan takut dibenakmu bagaimana menentukan kampus yang tepat untuk studimu. Dikutip dari Kompas.com, berikut adalah tips memilih kampus yang tepat untuk studimu:

1. Kegiatan Akademis dan Non-Akademis

Kuliah bukan hanya bergelut pada kegiatan akademis saja. Sebagai mahasiswa, kamu juga membutuhkan berbagai kegiatan non-akademisnya, seperti organisasi dan berbagai UKM-nya, dan perhatikan pula bagaimana kampus memfasilitasi kegiatan non-akademis tersebut. Kamu harus bisa mengimbangi antara pendidikan dan hobimu yang bisa kamu kembangkan di kegiatan non-akademis di kampusmu nanti.

2. Jarak

Jangan pernah mengabaikan poin yang satu ini. Karena ke depannya, rumah-kampus akan menjadi rutinitasmu yang mungkin harus kamu jalani setiap harinya.Pilihlah jarak yang tidak terlalu jauh dari kampus ke tempat tinggalmu. Kalau kampus terlalu jauh dari rumah, kamu bisa tinggal bersama dengan sanak saudara yang deat dengan kampus ataupun nge-kost. Kalau kamu memaksakan pulang pergi rumah ke kampus dengan jarak yang jauh, kamu akan menyusahkan dirimu sendiri. Kamu hanya akan menghabiskan waktu dan tenagamu di jalan. Tidak dipungkiri bahwa kelak menjadi mahasiswa akan memiliki banyak tugas, kalau waku dan tenagamu sudah terkuras di jalan, bagaimana kamu bisa mengerjakan tugas-tugasmu?

3. Waktu

Pikirkan mulai dari sekarang dan buat target kelulusanmu. Dalam waktu berapa lama kamu menginginkan gelar sarjana berada di belakang namamu? Tiga atau empat tahun? Karena setiap universitas biasanya memiliki durasi kelulusan yang berbeda-beda. Semakin kamu cepat lulus, semakin baik, bukan?

4. Keuangan

Sebelum memilihnya, kamu harus tahu dengan pasti bagaimana sistem pembayaran kuliah di sana dan berapa besar yag harus orangtuamu keluarkan untuk membiayai pendidikanmu. Sesuaikan dengan kemampuan orangtuamu, diskusikan dengan mereka apakah keberatan dan kesulitan untuk melakukan pembayarannya.

5. Lingkungan Kampus

Karena kamu bukan hanya satu atau dua hari kuliah, maka cari tahu dan kenalilah bagaimana lingkungan kampusmu. Kamu juga harus mulai mencari informasi mengenai besaran biaya hidup tinggal di dekat-dekat kampusmu. Dengan begitu, kamu akan memiliki perencanaan terperinci dalam segala hal untuk studimu.

(anb)