Pop punk bisa dibilang salah satu dari subgenre punk yang paling terkenal. Meski satu subgenre, jenis-jenis pop punk bisa dibagi lagi jadi beberapa part. Dari sekedar punk yang lebih kalem dan menceritakan cinta-cintaan, sampai dimasukkan sedikit hardcore. Dilansir dari Hai-Onlinecom, Senin (11/5/2015), berikut adalah macam-macam jenis pop punk.

1. Traditional Pop Punk

Ramones (Hai Online)
The Ramones (Hai Online)

Bernafaskan punk, tapi menyebarkan cinta. Ini adalah pop punk yang hadir di era 70-an. Sebenarnya namanya bukan pop punk, karena istilah tersebut belum ramai digunakan saat itu. Band-band seperti The Ramones, Buzzcocks, dan The Undertones sudah memakai formula pop punk jauh sebelum pop punk mendunia. Setelah band-band pionir tersebut, Descendents, Fastbacks, dan The Mr. T Experience meneruskan estafet pop punk di era 80-an.

2. 90’s Pop Punk

Green Day (Hai Online)
Green Day (Hai Online)

Di era ini, pop punk menemukan identitasnya. Banyak band yang berani ngaku kalau mereka adalah pengusung pop punk. Di era ini juga, pop punk menemukan sukses secara komersial. Dari Blink 182 hingga Green Day lahir di era ini. 1994 adalah tahunnya pop punk, karena Green Day merilis Dookie dan meraih sertifikat Diamond untuk penjualan lebih dari 10 juta kopi. Pada tahun yang sama, NOFX akan merilis Punk In Drublic, album mereka yang paling sukses secara komersial dan meraih Gold.

3. Modern Pop Punk

Good Charlotte (Hai Online)
Good Charlotte (Hai Online)

Modern pop punk dimulai pada tahun 2000-an. Saat itu Good Charlotte masuk ke chart top 40 dengan “Lifestyles Of The Rich And Famous,” begitu juga dengan “IĆ¢??d Do Anything” milik Simple Plan. New Found Glory dan MxPx menandatangani kontrak dengan label besar dan mulai menyeberang ke mainstream. Rahasianya, pop punk di era ini lebih mengedepankan “pop” dibanding “punk”. Mudah dicerna di radio, tak terlalu cepat atau abrasif, dan enak dinyanyikan. Wajar saja kalau pop punk jenis ini disebut “pop punk wangi”.

4. Pop Punk Revival

The Wonder Years (Hai-Online)
The Wonder Years (Hai-Online)

Sekitar tahun 2008, pop punk bangkit setelah The Wonder Years, Man Overboard dan The Story So Far lahir. Genre ini mulai menarik perhatian dari label rekaman ikonik seperti Hopeless, Fearless dan bahkan Rise Records. Sekarang, seperti pop punk di tahun 90-an, ada gelombang baru band-band yang mencoba menghidupkan kembali genre ini, misalnya Real Friends, State Champs, Modern Baseball, Neck Deep dan Knuckle Puck. Selain memakai formula pop punk klasik, mereka juga menambahkan sedikit bumbu melodic hardcore ke dalam musik mereka. Ada juga yang menambahkan breakdown (sering disebut sebagai easycore). (tom)