Setiap negara memiliki julukan sendiri untuk tayangan drama televisinya. Di negara Meksiko atau Amerika Latin menyebut drama TV dengan Telenovela. Jepang dikenal dengan sebutan Dorama, sedangkan Thailand menyebutnya dengan lakorn. Untuk Indonesia, jelas sudah semua tahu kalau namanya sinetron. Dilansir dari Muvilacom, Senin (11/5/2015), berikut adalah 5 sinetron dengan episode terbanyak.

1. Tukang Bubur Naik Haji The Series

Tukang Bubur Naik Haji The Series (Muvila)
Tukang Bubur Naik Haji The Series (Muvila)

Sinetron produksi Sinemart ini ditayangkan di RCTI setiap hari. Episode pertamanya diperkenalkan di layar kaca pada tanggal 28 Mei 2012 dan berlanjut hingga kini. Menonton sinetron ini bagaikan menonton kehidupan sehari-hari. Kita yang seolah-olah seorang dermawan sejati, padahal sebenarnya kita sangat mengharapkan pujian orang. Konflik yang dibangun oleh sinetron ini sukses mengumpulkan 1580 episode.

2. Cinta Fitri

Cinta Fitri (Muvila)
Cinta Fitri (Muvila)

Dalam tempo 4 tahun, sinetron produksi MD Entertainment ini mengumpulkan 1002 episode. Pertama kali tayang pada tahun 2007 sampai 6 musim di SCTV kemudian musim ke-7 pindah ke Indosiar. Selama tayang 4 tahun itu, “Cinta Fitri” telah memborong piala penghargaan di acara SCTV Awards dari tahun 2007 hingga 2010.

3. Raden Kian Santang

Raden Kian Santang (Muvila)
Raden Kian Santang (Muvila)

Raden Kian Santang yang pertama kali tayang pada tahun 2012 hingga 2014 tahun itu memiliki 835 episode di MNC TV. Beda dengan sinetron lainnya, sinetron ini bergenre kolosal dan menceritakan kisah Raden Kian Santang (Alwi Assegaf), putra Prabu siliwangi di Kerajaan Pajajaran.

4. Putri yang Ditukar

Putri yang Ditukar (Muvila)
Putri yang Ditukar (Muvila)

Sinetron unggulan RCTI ini ditayangkan mulai 20 September 2010 hingga tamat tanggal 25 November 2011. Dalam jangka waktu satu tahun, sinetron ini total memiliki 676 episode. Tema cerita Sinetron ini sesederhana judulnya, tentang dua anak perempuan Amira (Nikita Willy) dan Zahira (Yasmine Wildbloods) yang ditukar oleh Wisnu (Yadi Timo) sejak lahir. Kekuatan sinetron ini tak cuma terletak pada jajaran pemain muda namun juga pemain senior.

5. Suami-suami Takut Istri

Suami-suami Takut Istri (Muvila)
Suami-suami Takut Istri (Muvila)

Komedi sinetron yang ditayangkan oleh Trans TV sejak 15 Oktober 2007 ini digarap oleh rumah produksi Multivison Plus di bawah arahan sutradara Sofyan De Surza. Tema sinetron ini diangkat dari fenomena suami-suami yang tinggal di suatu area perumahan yang memiliki kesamaan, yakni merasa didominasi oleh istri-istri mereka. Berkat cerita yang dekat dengan masyarakat dan dibumbui unsur komedi, sinetron ini pun melaju hingga 649 episode dan pernah dibuatkan versi layar lebarnya. (tom)