teuku rassya

Walau berusia masih belia, Teuku Rassya sudah didaulat menjadi duta thalasemia. Remaja tampan ini pun mengaku senang lantaran bisa membantu memberikan sosialisasi untuk pencegahan terhadap penyakit tersebut.

“Aku seneng banget, bisa bantu, partisipasi lah. Alhamdulillah hari ini lagi ada di acara pengukuhan duta, Rassya sebagai duta thalasemia. Kita sempet sharing juga apa itu thalasemia, ciri-cirinya apa. Kita akan tahu, kalau kita cek darah,” ujar Rassya, seperti dilansir Kapanlagi, Selasa (12/05/2015)

Rassya mengatakan, dirinya akan menjalankan tugasnya sebagai duta thalasemia dengan baik. Apalagi, masih banyak orang yang tak tahu dengan penyakit itu.

“Pertama-pertama, Thalasemia ini nggak terlalu banyak orang yang tahu. Rassya merasa ini tanggung jawab untuk nyebarin info itu. Kasihan nanti anak-anak kita, cucu kita kalau kita nggak cegah dari sekarang. Akhirnya susah kalau banyak yang mengidap,” imbuhnya.

Mengemban tugas sebagai duta thalasemia, Rassya pun tak hanya memberikan info terkait penyakit itu, tapi juga untuk lebih berhati-hati. Ke depannya, pelantun lagu Kamu ini ingin meningkatkan kewaspadaan masyarakat secara keseluruhan.

“Pastinya Rassya harus terus aware terhadap penyakit ini. Rassya memberitahu ke semuanya, harus bekerja keras melawan penyakit ini dan mengajak orang-orang untuk cek darah. Kalau bisa, mendobrak orang-orang Indonesia untuk mendonor,” tutur Rassya

Dengan perannya sebagai duta thalasemia, Rassya berharap masyarakat bisa tahu lebih detail mengenai penyakit thalassemia.

“Ini menjadi penting untuk diketahui semua, karena thalassemia merupakan penyakit generative tertinggi didunia. Apalagi carrier (pembawa sifat) thalassemia tidak ada perbedaan dengan orang normal, sehingga angka thalassemia mayor bertambah dari waktu ke waktu ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mencegah angka thalassemia,” ungkapnya

Ia pun siap terjun langsung untuk melihat dan memberi dukungan kepada penderita thalassemia khususnya di Aceh. “Insya Allah kalau ada waktu Rassya juga mau terjun ke Aceh, menemui penderita thalassemia,” tutup Rassya.

(nha)