5 film bela diri

Bela diri adalah salah satu kesenian yang menampilkan gerakan pukulan, tendangan dan aksi-aksi lain yang mengutamakan fisik seseorang. Saat ini, bela diri mulai berkembang dan sudah banyak orang yang menggemarinya.

Lantaran kepopuleran seni bela diri yang mendunia, aksi yang cukup berbahaya ini juga dibuat film. Ada beberapa film yang mengangkat seni bela diri. Inilah 5 film bela diri terbaik sedunia versi JadiBerita.

1. Enter the Dragon

Enter the Dragon (bcc)
Enter the Dragon (bcc)

Enter the Dragon yang dibintangi oleh Bruce Lee sukses menjadi film bela diri terbaik sedunia. Film ini berkisah tentang Lee, seorang jago kung-fu jebolan Kuil Shaolin yang ditugaskan untuk menangkap seorang penghianat Kuil Shaolin bernama Han yang gemar melakukan pertandingan bela diri pada sebuah pulau terpencil. Kala itu, Lee menyamar sebagai salah seorang kontestan untuk menangkap Han. Dalam film Enter the Dragon, Bruce Lee beradu akting dengan Bolo Yeung, Jim Kelly dan John Saxon.

2. The Karate Kid

The Karate Kid (wikipedia)
The Karate Kid (wikipedia)

Selanjutnya, The Karate Kid juga didaulat sebagai film bela diri terbaik sedunia. The Karate Kid dibintangi oleh sederet tokoh seperti Ralph Macchio, Pat Morita, Elisabeth Shue, dan lain-lain. Film yang dirilis pada 22 Juni 1984 ini bercerita tentang hubungan yang sangat erat dan akrab antara sang “Karate Kid” Daniel Larusso (Ralph Macchio) dengan sang guru Mr. Kesuke Miyagi (Pat Morita). The Karate Kid memiliki sekuel yang tak kalah seru berjudu The Karate Kid II dan The Karate Kid III.

3. Above the Law

Above the Law (kaskus)
Above the Law (kaskus)

Seolah ingin berbeda dari film bela diri pada umumnya, Above the Law muncul dengan konsep menarik. Film ini bukan menampilkan aksi tendangan, atau pukulan, melainkan gerakan pelintir, lempar, banting dengan meminjam tenaga lawan, disertai renyahnya bunyi tulang patah atau sendi yang lepas dari tempatnya. Film ini diperankan oleh Steven Seagal sebagai Nico Toscani. Above the Law sendiri mengangkat Steven Seagal ke jajaran atas aktor bela diri dunia.

4. Kung-fu Master

Once Upon a Time in China (kaskus)
Once Upon a Time in China (kaskus)

Di posisi empat, film bela diri terbaik sedunia jatuh pada Once Upon a Time in China. Film ini dibuat tahun 1991oleh sutradara Tsui Hark. Film ini menampilkan aktor-aktor ternama seperti Jet Li, Yuen Biao, Jacky Cheung, Rosamund Kwan, dan Kent Cheng. Once Upon a Time in China merupakan film yang mengangkat nama bela diri Wushu menjadi sangat populer di dunia. Film ini adalah produksi pertama di Serial Once Upon a Time in China.

5. Ong-Bak

Ong-Bak (wikipedia)
Ong-Bak (wikipedia)

Film yang tayang pada tahun 2003 ini juga menjadi film bela diri terbaik sedunia. Ong-Bak yang diperankan oleh Tony Jaa mengangkat tentang seni bela diri tradisional Thailand, Muay Thai atau Thai Boxing. Di film ini, Tony berperan sebagi Ting, seorang pemuda ahli bela diri dari sebuah desa yang ditugaskan membawa kembali patung kepala Budha yang dicuri. Tahun 2008, sekuel dari Ong-Bak dirilis bertajuk Ong-Bak 2. Selang dua tahun kemudian, sekuel selanjutnya dirilis pada tahun 2010 berjudul Ong-Bak 3.

(nha)