Yes! Ujian Nasional sudah berakhir dan berhasil kamu lalui. Bagaimana perasaanmu setelah berhasil melaluinya? Eits, jangan senang dulu, guys. Selulusnya dari bangku SMA, kamu tentunya, kan, untuk melanjutkan studimu ke perguruan tinggi. Tetapi sayang, SNMPTN tidak berhasil membawamu ke bangku perkuliahan. Tenang, guys, masih ada SBMPTN kok! Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah kiat sukses untuk tembus SBMPTN versi JadiBerita:

1. Belajar

Kunci ini sih mungkin biasa dan terdengar mainstream. Tetapi, bagaimana kamu bisa melaksanakan ujian dengan baik kalau kamu tidak mempersiapkan dirimu dengan belajar. Perdalam lagi materi-materi yang sekiranya akan keluar dalam ujian SBMPTN. Mempelajari materi-materi di SMA akan sangat berpengaruh ketika kamu menghadapi ujian kemampuan dan jurusan pilihanmu. Selain itu tambah dan tingkatkan wawasanmu, karena dalam ujian SBMPTN tidak hanya membicarakan materi-materi di sekolah.

2. Latihan

Latihan dibutuhkan untuk mengasah kemampuanmu. Sejauh mana kamu belajar dengan baik dan kamu telah menyerap materi yang sudah kamu pelajari dapat diukur dengan latihan. Mengerjakan soal-soal latihan SBMPTN membantu kamu memahami materi di luar kepala. Sering-seringlah berlatih. Ingat pepatah yang mangatakan â??ala bisa karena biasaâ??.

3. Maksimalkan latihan dengan waktu

Kalau kamu sudah sering berlatih dan kamu merasa mampu mengerjakannya dengan baik, tingkatkan lagi kemampuanmu. Mulailah berlatih mengerjakan soal dan targetkan berapa lama kamu mampu menyelesaikan soal-soal tersebut. Misal, kamu menargetkan untuk mengerjakan 60 soal dalam waktu 60 menit. Berarti kamu membutuhkan waktu 1 menit untuk menyelesaikan tiap soal. Hal itu dibutuhkan, karena ujian SBMPTN menggunakan durasi yang telah ditetapkan. Kalau kamu tidak membiasakan latihan dengan waktu ini, ketika ujian tiba kamu tidak akan sadar berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk mengerjakan satu soal. Alhasil, bisa saja waktu ujian sudah berakhir tetapi masih banyak soal yang belum kamu jawab.

4. Berdoa dan minta restu orangtua

Setelah kamu berusaha sekuat tenaga, kamu harus sadar bahwa keberhasilan atau kegagalanmu bergantung pada kuasa Tuhan. Agar Tuhan bisa membukakan pintu ridho-nya, jangan lupa minta restu orangtuamu. Dengan berbekal restu orangtua, dijamin bahwa semua pekerjaanmu akan lebih lancar.

(anb)