5 pesawat buatan indonesia (beritamaya)

Selain bus dan taksi, pesawat terbang juga menjadi alat transportasi yang selalu digunakan banyak orang untuk berpergian ke suatu tempat.

Di zaman modern seperti sekarang, pesawat terbang sudah dirancang dengan model dan teknologi canggih. Belum lagi fasilitasnya yang memuaskan para penumpang. Hal inilah yang menjadikan pesawat terbang semakin digemari oleh publik,

Berbicara soal pesawat, ternyata Indonesia pernah membuat pesawat terbang yang mengantarkan alat transportasi massal itu mendunia lho. Inilah 5 pesawat terbang buatan Indonesia yang mendunia versi JadiBerita.

1. Pesawat N-2130

Pesawat N-2130 (beritamaya)
Pesawat N-2130 (beritamaya)

N-2130 termasuk salah satu pesawat terbang buatan Indonesia yang mendunia. Transportasi massal ini hendak dikembangkan PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada masa jaya perusahaan tersebut di pertengahan 1990-an. Pengembangan N-2130 ini terinspirasi dari pesawat yang dikembangkan perusahaan pesawat terbang Brasil, Embraer. Sayang, pesawat harus terkubur oleh krisis moneter 1998.

2. Pesawat N-250

Pesawat N-250
Pesawat N-250

Selanjutnya ada N-250 yang menjadi pesawat asal Indonesia yang mendunia. Terbukti, pesawat ini sempat mengudara menuju Le Bourget Perancis untuk mengikuti Paris Air Show. N-250 adalah pesawat yang menggunakan teknologi fly by wire yang pertama dikelasnya. N-250 adalah pesawat regional komuter turboprop yang dibuat oleh IPTN atau PT. DI sekarang. Pesawat yang memuat kapasitas 50 orang ini diberi nama gatotkoco (Gatotkaca).

3. Pesawat CN-235

Pesawat
Pesawat CN-235

Di urutan ketiga, nama CN-235 ikut menjadi pesawat karya anak bangsa yang mendunia. Pesawat ini dirancang oleh CASA di Spanyol and IPTN (sekarang PT Dirgantara Indonesia). CN-235 adalah sebuah pesawat angkut turboprop kelas menengah bermesin dua. Rupanya, versi militer CN 235 banyak diminati dan diekspor ke negara lain seperti Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Emirat, dan Arab Saudi. CN-235 dijadikan sebagai pesawat terbang regional dan angkut militer.

4. Pesawat N-219

Pesawat N-219
Pesawat N-219

Layaknya CN-235, pesawat N-219 pun mencatatkan dirinya sebagai pesawat buatan Indonesia yang mendunia. Ini merupakan pesawat generasi baru yang dibuat oleh Dirgantara Indonesia. Pesawat ini dirancang sesuai dengan kondisi geografis Indonesia. Hebatnya, pesawat ini dapat mendarat di landasan yang pendek di wilayah terpencil dengan lahan terbatas. Rencananya, N-219 akan dipasarkan ke negara lain seperti negara-negara di Afrika.

5. Pesawat NC-212

 Pesawat NC-212
Pesawat NC-212

Terakhir, pesawat buatan anak bangsa yang mendunia ialah NC-212. Ini adalah pesawat yang diproduksi Indonesia di bawah lisensi oleh PT. Dirgantara Indonesia. NC 212 ini umumnya digunakan dalam operasional hujan buatan. Pesawat ini dilengkapi dengan Weather Radar (Radar Cuaca) dan Global Positioning System (GPS).

(nha)