Manipulasi foto di zaman sekarang ini sepertinya sudah menjadi umum dilihat. Jika foto ditampilkan apa adanya tentu terlihat biasa saja dan terkesan membosankan. Dengan adanya manipulasi, foto yang ditampilkan akan terlihat lebih memukau, bahkan menakjubkan. Seperti yang dilakukan oleh Erik Johansson ini.

Dilansir dari BoredPanda, Kamis (14/5/2015), Erik Johansson merupakan seorang fotografer asal Swedia dan retoucher. 4 tahun yang lalu, ia masih seorang mahasiswa teknik komputer. Bahkan, meskipun kurangnya pelatihan profesional dalam fotografi, manipulasi foto liar kreatif akan menjadi contoh yang menonjol dari retouching.

Karya Erik memiliki efek dua kali lipat. Maksudnya adalah di satu sisi, foto karyanya benar-benar luar biasa, sementara di sisi lain retouching tingkat tinggi membuatnya tampak hampir nyata. Fotografer tersebut tentu saja pertama mengembangkan ide di kepalanya sebelum ia menetapkan untuk membuat gambar agar hasilnya lebih maksimal.

Gambar-gambar ini berasal dari foto-foto yang dipotong dan dipadu-padankan dengan aplikasi photoshop. Tekhnik ini disebut photo manipulation atau manipulasi foto. Bisa jadi karena karya ini merupakan foto komposit, gambar-gambar ini jadi ilusi optik paling realistis dan terkadang memberi efek yang tak pernah dilakukan sebelumnya.

Seperti apa karya dari Erik ini? Langsung saja lihat foto-fotonya di bawah ini. (tom)