Jembatan Suramadu (wikimedia.org)

Beberapa waktu lalu, JadiBerita sempat menulis artikel mengenai sungai terpanjang di Indonesia. Kali ini akan dibahas mengenai jembatan terpanjangnya. Apakah jembatan-jembatan terpanjang ini melintasi sungai-sungai terpanjang juga, ya? Atau justru berlainan daerah? Daripada penasaran, yuk langsung saja kita susuri jembatan terpanjang di Indonesia ini:

1. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu (wikimedia.org)
Jembatan Suramadu (wikimedia.org)

Jembatan yang baru diresmikan pada tahun 2012 lalu ini menghubungkan Pulau Jawa dengan Madura. Jembatan Suramadu memiliki panjang 5.483 meter dan lebar 30 meter. Tidak hanya menjadi jembatan terpanjang nomor satu di Indonesia, jembatan ini bahkan menduduki peringkat ketiga sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara.

2. Jembatan Pasupati

Jembatan Pasupati (berbagai sumber)
Jembatan Pasupati (berbagai sumber)

Berada di Kota Bandung, jembatan ini menjadi ikon baru kota kembang tersebut. Dengan panjang 2.147 meter dan lebar 21,53 meter, jembatan ini mampu mengatasi kemacetan yang seringkali melanda Bandung.

3. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Jembatan Tengku Angung Sultanah Latifah (wikimedia.org)
Jembatan Tengku Angung Sultanah Latifah (wikimedia.org)

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah atau Jembatan Siak terletak di Provinsi Riau dan memiliki panjang dan lebar masing-masing 1.196 meter dn 16,95 meter. Hal menarik lainnya dari jembatan ini adalah di puncak tiang jembatan ini terdapat restoran. Dari atas ketinggian, sambil menyantap hidangan kita bisa melihat pemandangan Riau yang sangat mempesona.

4. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera (deviantart.net)
Jembatan Ampera (deviantart.net)

Terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Jembatan ini menyebrangi Sungai Musi, yang termasuk ke dalam 5 besar sungai terpanjang di Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang 1.117 meter. Hebatnya, jembatan ini memiliki sistem buka tutup atau mengangkat jembatan ketika ada kapal besar yang melintas di bawahnya. Namun sayang, sistem tersebut kini sudah tidak dapat diterapkan lagi.

5. Jembatan Barito

Jembatan Barito (wikimedia.org)
Jembatan Barito (wikimedia.org)

Berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, jembatan ini juga menyeberangi salah satu sungai yang masuk ke dalam daftar 5 besar sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Barito. Jembatan ini memiliki panjang 1.082 meter dan lebar 10,37 meter.

(anb)