Students taking written examination, side view

Semester ini akan segera berakhir, tidak terasa ya waktu berjalan begitu cepat. Liburan panjang juga sudah menanti di depan mata. Eits, sebelum bersenang-senang menikmati liburan panjang, kamu kan harus menghadapi UAS terlebih dahulu. Gimana ya caranya untuk menyadarkan pikiran yang sibuk memikirkan liburan tetapi harus berhadapan dengan ujian. Berikut adalah kiat sukses hadapi UAS versi JadiBerita:

1. Cicil Belajar

Cicil belajar dan buat rangkuman materimu (australiancurriculumlessons.com.au)

Saat ini kamu baru mendekati masa-masa UAS. Mungkin kamu masih memiliki satu atau dua minggu lagi, nah cicillah belajarmu mulai dari sekarang. Kamu harus mulai rajin membaca buku-bukumu dari sekarang. Tidak hanya itu, catatlah materi dan bagian-bagian pentingnya. Jadi, ketika malam sebelum UAS dilaksanakan kamu tinggal membaca rangkumanmu dan menghapalnya dengan lebih mudah. Datang ke sekolah atau ke kampuspun kamu cukup membawa rangkumanmu itu, tanpa harus berat-berat lagi membawa buku yang super-duper berat itu.

2. Jangan SKS

Kamu akan stress kalau SKS (vanderblit.edu)

SKS, biasa dikenal juga dengan â??sistem kebut semalamâ??. Kalau kamu memiliki gaya belajar seperti ini, sebaiknya mulai dihilangkan ya. Kamu tidak akan maksimal belajar jika hanya mengandalkan satu malam saja. Kalau hanya untuk review sih mungkin saja. Tetapi kalau kamu benar-benar baru membaca materi dari awal hanya dengan satu malam, kamu tahu sendiri bagaimana hasilnya. Belum lagi, hari esok tidak hanya satu mata pelajaran atau mata kuliah yang akan diujikan.

3. Pinjam catatan teman

Belajar dengan gaya diskusi asik juga (berbagai sumber)

Koleksilah buku-buku temanmu. Lho kok? Bukan untuk dipajang, lho ya. Mulai dari sekarang kamu bisa meminjam catatan temanmu yang sekiranya rajin mencatat dan memiliki catatan yang baik dan rapih. Kamu bisa menyalin ulang catatan tersebut sebagai bahan kamu belajar untuk UAS. Jangan dipinjam hingga akhir UAS, kasihan temanmu nanti justru dia yang nggak bisa belajar. Selain itu, kamu bisa juga berdiskusi dengannya untuk menanyakan hal-hal yang belum kamu pahami. Kamu akan lebih siap untuk menghadapi UAS.

4. Jaga Kesehatan

Kalau sakit nggak bisa ikut UAS, lho (deluxetips.com)

Ini juga penting. Jaga kesehatanmu, jangan sampai ketika musim UAS tiba berbagai penyakit menyerang tubuhmu. Virus dan bakteri jahat berhasil mematahkan pertahananmu. Kalau sudah sakit, bagaimana caranya kamu mengikuti UAS? Memang sih terkadang sekolah, kampus atau dosen yang bersangkutan mengadakan ujian susulan, tetapi rasanya beda, lho. Kamu seperti punya beban tersendiri. Maka dari itu, jangan sakit ya guys.

5. Berdoa

Adik kecil saja berdoa (mccpoman.com)

Setelah semua rangkaian usaha telah kamu kerjakan secara optimal, jangan lupa berdoa dan memanjatkan puja-puji terhadap Tuhan demi kelancaran usahamu. Selain itu, kamu juga bisa meminta restu orangtuamu agar semua terasa lebih ringan dan lancar.

(anb)