5 transportasi mewah

Setiap negara pasti memiliki moda transportasi yang bisa digunakan bagi para masyarakatnya. Tak hanya untuk mengantar penumpang ke suatu tempat, umumnya transportasi itu pun dilengkapi dengan fasilitas maupun layanan yang memberikan manfaat bagi penumpangnya.

Alhasil, penumpang pun seakan dimanjakan dengan alat transportasi tersebut. Di dunia ini, ada beberapa kota yang punya transportasi mewah. Penasaran? Mari simak ulasan 5 kota dengan transportasi mewah di dunia versi JadiBerita.

1. Hong Kong MTR, China

hong kong mtr (wikipedia)
hong kong mtr (wikipedia)

Hong Kong MRT menjadi salah satu transportasi mewah di dunia. Setiap harinya, Hong Kong MRT dapat mengangkut 7 juta penumpang dengan panjang lintasan yakni 175 kilometer. Kereta canggih ini dilengkapi dengan pintu pembatas bagi penumpang supaya mereka tak masuk ke dalam lintasan saat transportasi ini tidak berada di stasiun. Ada keunikan lain dari Hong Kong MRT yakni diberikannya Octopus Card. Dengan kartu ini, penumpang bisa mengisi ulang untuk keperluan pembelian tiket, makanan ringan, biaya parkir, dan bermacam barang di toko. Tak hanya itu saja, Hong Kong MTR juga menyediakan jaringan 3G untuk penumpang yang membawa telepon genggam atau laptop.

2. Seoul Metropolitan Subway, Korea Selatan

Seoul Metropolitan Subway (wikipedia)
Seoul Metropolitan Subway (wikipedia)

Tak mau kalah dari Hong Kong MRT, Seoul Metropolitan Subway pun termasuk transportasi mewah di dunia. Ini adalah kereta yang menawarkan fasilitas mutakhir seperti Wi-Fi di sepanjang jalur bawah tanah maupun setiap stasiun. Bahkan, terdapat pula robot yang membantu penumpang dalam mencari informasi. Jadi, penumpang tak akan bingung ataupun tersesat di perjalanan.

3. Copenhagen Metro, Denmark

Copenhagen Metro, Denmark (metroautomatic)
Copenhagen Metro, Denmark (metroautomatic)

Copenhagen Metro yang terletak di Denmark juga masuk dalam kategori transportasi mewah di dunia. Sistem transportasi massal ini menghubungkan sejumlah jalur kereta lain yang mampu mengangkut masyarakat di daerah luar kota Copenhagen. Selain itu, kereta ini juga menyediakan program bersepeda untuk pengguna kereta yang ingin bepergian menggunakan sepeda. Hebatnya, Copenhagen Metro telah memakai sistem Automated Train System (ATS) yang membuat kereta ini berjalan dengan jaringan yang sudah diatur melalui komputer.

4. Taipei MRT, Taiwan

Taipei MRT, Taiwan (wikipedia)
Taipei MRT, Taiwan (wikipedia)

Taiwan juga punya alat transportasi yang diklaim paling mewah sedunia. Transportasi itu diberi nama Taipei MRT. Taipei MRT menawarkan layar lebar bagi penumpang untuk melihat waktu perjalanan menggunakan bahasa Mandarin, Taiwanese, Hakka, dan Inggris. Seluruh stasiun pun dilengkapi pendingin ruangan. Bahkan, ada pula gondola yang menghubungkan kebun binatang Taipei dan Maokong.

5. The Tube, London, Inggris

The Tube, London, Inggris (wikipedia)
The Tube, London, Inggris (wikipedia)

Selain menjadi moda transportasi tertua di dunia, The Tube yang berada di London, Inggris juga menjadi transportasi termewah di dunia. The Tube menghubungkan rangkaian rel lain seperti Docklands Light Railway, di mana penumpang bisa menikmati panorama alam sepanjang sungai Thames. Transportasi ini juga menawarkan layar lebar yang akan menunjukkan jadwal kereta berikutnya, serta tempat duduk yang nyaman. Sekarang, The Tube dilengkapi dengan sejumlah kamera CCTV dan kehadiran polisi di beberapa lokasi.

(nha)