Mungkin kamu penasaran dan memiliki hasrat untuk mendaki tiap kali kamu mendengarkan beberapa cerita temanmu yang mengatakan betapa indahnya melihat sunrise di puncak gunung, betapa serunya perjalanan pendakian dan sebagainya. Tetapi, kalau kamu baru akan memulai menjadi pendaki, kamu jangan ambil risiko untuk langsung menjelajahi gunung-gunung yang memiliki ketinggian ekstrim. Kamu mungkin seorang backpacker yang telah mengarungi lautan, menyusuri sungai dan menjelajahi pantai-pantai cantik di negeri ini. Tetapi, kalau kamu pendaki pemula, maka kamu harus tetap belajar dari nol dan mempersiapkan dirimu untuk bisa berkenalan dengan dunia baru. Nah, JadiBerita akan berbagi informasi untuk kamu para pendaki pemula, sebaiknya kamu jajaki dulu gunung-gunung ini:

1. gunung nglanggeran, Yogyakarta

Gunung Nglanggeran (berbagai sumber)

Gunung ini berada di kawasan Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung ini merupakan gunung api purba yang terbentuk dari susunan karst yang menjadi ciri Gunung Kidul. Dengan ketinggian 700 mdpl, gunung ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat simulasi para pendaki pemula sepertimu. Selain itu, medannya yang landai tidak akan membuatmu kaget sebagai pemula. Untuk sampai ke puncak gunung, kamu hanya butuh waktu 1 jam untuk mendaki.

2. gunung batur, bali

Gunung Batur (dedotphotography.wp.com)

Ternyata tidak hanya memiliki keindahan laut yang luar biasa, Bali juga memiliki gunung yang cantik, lho. Nggak salah kan kalau kamu lagi jalan-jalan ke Bali dan mencoba untuk menjajaki gunung dan menjadi pendaki pemula. Berada di daerah Kintamani, gunung ini memiliki pemandangan cantik. Dengan ketinggian 1.717 mdpl, kamu membutuhkan waktu 3 jam pendakian.

3. Gunung ijen, Banyuwangi

Gunung Ijen (suara-publik.com)

Berada di ujung timur Pulau Jawa, gunung ini juga bisa dijejaki oleh kamu para pendaki pemula. Kamu bisa menikmati indahnya pesona Kawah Ijen pada ketinggian 2.443 mdpl, lho. Kamu juga bisa menyaksikan aktivitas penambang belerang di gunung ini. Pesona cantik lainnya juga hadir ketika malam tiba, dimana kamu bisa melihat cantiknya api biru dari Kawah Ijen. Dengan medan yang berpasir dan agak curam, kamu butuh waktu dua setengah jam untuk tiba di puncak gunung.

4. gunung papandayan, Garut

Pemandangan Gunung Papandayang (kidsklik.com)
Hutan Mati (detik.com)

Kalau kamu menjajaki gunung ini, dijamin kamu akan ketagihan dan menagih untuk bisa segera mendaki lagi. Bagaimana tidak, gunung ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa ketika kamu menuju puncak gunung. Kamu akan menemukan kawah-kawah cantik seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak dan Kawah Manuk. Selain itu, terdapat pula pemandangan yang sangat diidamkan oleh para pendaki wanita, Tegal Alun. Tegal Alun merupakan pulan pandang Edelweis yang sangat cantik. Kamu juga akan melintasi hutan mati, yang penuh dengan cerita mistis, namun keindahannya sangat luar biasa. Untuk bisa menempuh gunung yang memiliki ketinggian 2.665mdpl ini kamu membutuhkan waktu 4 jam pendakian.

5. gunung gede, jawa barat

Gunung Gede Pangrango (fotografer.net)

Gunung ini juga cukup terkenal di kelompok pendaki pemula dan menjadi pilihan favorit. Saat pendakian berbagai pemdangan cantik juga akan kamu temukan, seperti air terjun, sumber air panas, telaga sampai padang Edelweis. Dengan ketinggian 2.958 mdpl, kamu membutuhkan tenaga dan waktu 6 jam untuk tiba dipuncaknya.

(anb)