Pegunungan merupakan sumber mata air bagi setiap kehidupan. Kalau kamu yang sudah biasa mendaki, pasti kamu telah banyak menemukan sumber air di atas puncak gunung, kan. Berikut ini adalah telaga-telaga paling cantik di atas puncak gunung Indonesia versi JadiBerita:

1. Telaga warna dieng

Telaga Warna dieng (panoramio.com)

Telaga cantik ini berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng di atas ketinggian 2000 mdpl. Dengan dikelilingi bukit-bukit tinggi, membuat pemandangan di sekitar telaga ini semakin cantik. Untuk bisa menikmati keindahan telaga cantik ini, kamu bisa mengunjunginya ketika pagi atau siang hari.

2. Ranu kumbolo

Ranu Kumbolo (kelilingnusantara.com)

Biasanya, Ranu Kumbolo menjadi tempat peristirahatan para pendaki yang hendak berkemah. Ranu Kumbolo merupakan danau dengan debit air yang melimpah. Dari sini, kamu sudah bisa menikmati pemandangan sunrise yang sangat mempesona. Matahari muncul melalui sela-sela dua bukit hijau yang berpadu dengan beningnya air danau menjadi panorama yang luar biasa.

3. Segara anak gunung rinjani

Segara Anak Gunung Rinjani (indonesia.travel.com)

Danau yang satu ini berada di kawasan kaldera Gunung Rinjani Desa Sembalun Lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terletak pada ketinggian 2000 mdpl, danau ini memiliki luas 1.100 ha dan kedalaman mencapai 230 meter. Danau ini juga merupakan daya tarik sendiri bagi para pendaki Rinjani.

4. Danau gunung tujuh

Danau Gunung Tujuh (berbagai sumber)

Terletak di Kabupaten Kerinci Jambi, danau ini masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat dan menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Ketinggian danau ini mencapai 1.950 mdpl, dan menjadi pemandangan indah para pendaki Gunung Kerinci.

5. Danau Kaco

Danau Kaco (traveler.com)

Masih dari kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, terdapat danau cantik bernama Danau Kaco yang berada di ketinggian 1.289 mdpl. Danau ini memiliki luas 900 m2 dan terlihat sangat cantik. Daya tarik dari danau ini adalah warna biru yang terpancar dari dalam danau.

(anb)