Beberapa waktu lalu sempat ada kejadian yang bikin heboh dunia, yaitu terdengarnya suara keras mirip terompet dari langit. Suara keras tersebut membuat takut banyak warga di sejumlah negara seperti Jerman, Australia, Amerika Serikat, dan Kanada. Suara gemuruh keras dari angkasa tersebut diyakini seperti campuran suara terompet, logam berdecit, dan mesin pesawat.

Fenomena aneh itu nyatanya sudah pernah terjadi selama beberapa tahun belakang yaitu sejak tahun 2008 di negara bagian California dan Texas, Amerika Serikat hingga Negeri Kanguru Australia. Situs StrangeSounds.org bahkan mengumpulkan sekitar 150 video rekaman suara aneh yang kerap terjadi tersebut.

Mendengar suara terompet dari langit itu, tak jarang orang beranggapan kalau itu adalah suara sangkakala yang menunjukkan salah satu tanda akhir zaman. Ada pula yang menanggap suara itu adalah ulah dari alien. Dilansir dari Union Tribune San Diego, Selasa (26/5/2015), para ilmuwan mengatakan suara tersebut bisa berasal dari bencana alam seperti gempa bumi, gelombang air pasang, sampai ledakan gas metana.

Sementara itu, peneliti dari U.S. Geological Survey, David Hill menuturkan, gempa bumi kecil di bawah permukaan Bumi bisa memancarkan suara yang berasal dari pecahan kerak Bumi. Selain itu, Hill juga berpendapat, suara tersebut bisa saja terpancar dari meteor.

Teori lainnya juga datang dari analisis program riset pemerintah AS High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP), yang menyatakan kalau suara itu berasal dari pengaruh dari lini daya listrik, radiasi elektromagnetik, tekanan tinggi gas, dan jalur komunikasi perangkat nirkabel.

NASA juga ikut andil untuk memecahkan misteri tersebut. Menurut mereka, kebisingan itu berpotensi berasal dari “kebisingan latar belakang” Bumi. “Jika manusia memiliki antena radio, bukan telinga, kita akan mendengar sebuah simfoni luar biasa dari suara-suara aneh yang datang dari planet kita sendiri,” juru bicara dari NASA menjelaskan.

NASA juga menyebutkan kalau suara-suara seperti yang berasal dari emisi radio alami Bumi ini lumrah terjadi, hanya saja tidak banyak manusia yang menyadarinya.

Namun yang pasti, suara terompet itu bukanlah suara sangkakala maupun kontak alien, melainkan datang dari Bumi kita sendiri. (tom)