film tema musik (suara)

Tak hanya genre romantis dan horor saja, ada pula film yang mengangkat kisah tentang kehidupan musik. Film-film bertema musik ternyata sudah dibuat sejak lama oleh para sutradara.

Umumnya, jenis film ini menceritakan tentang perjalanan seorang musisi ataupun perkembangkan genre berbagai musik yang ada di dunia.

Kali ini, JadiBerita akan mengulas 5 film bertema musik terbaik di dunia. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. CADILLAC RECORDS

Casilas
Cadillac Records (wikipedia)

Cadilllac Records adalah sebuah film bertema musik terbaik di dunia. Film yang dirilis tahun 2008 ini berkisah tentang sejarah perkembangan musik blues di Amerika. Tak hanya itu saja, film yang disutradarai oleh Darnell Martin juga menceritakan soal perjalanan musik dari Muddy Watters dan Chuck Berry. Film ini dibintangi Adrien Brody sebagai Leonard Chess, Cedric the Entertainer sebagai Willie Dixon, Mos Def sebagai Chuck Berry, Columbus Short sebagai Little Walter, Jeffrey Wright sebagai Muddy Waters, Eamonn Walker sebagai Howlin’ Wolf, dan Beyoncé Knowles sebagai Etta James.

2. HYPE!

Hype
Hype! (cnn)

Selanjutnya, Hype! juga masuk sebagai salah satu film bertema musik terbaik di dunia. Hype! merupakan film dokumenter yang bercerita tentang kesuksesan musik grunge di awal hingga pertengahan tahun 1990-an. Dalam film ini, penonton akan melihat cuplikan wawancara dan rekaman konser langka untuk melacak pergerakan grunge. Film Hype! disutradarai oleh dan diproduseri oleh Steven Helvey.

3. ALMOST FAMOUS

Almost
Almost Famous (muvilla)

Rilis di tahun 2000, Almost Famous sukses menjadi film bertema musik terbaik di dunia. Film yang menampilkan sederat bintang yakni Patrick Fugit, Billy Crudup, Kate Hudson, dan Frances McDormand, berkisah tentang bocah remaja 14 tahun yang mengirimkan tulisannya mengenai musik ke majalah Rolling Stone Amerika. Ternyata, tulisan bocah tersebut menarik perhatian majalah Rolling Stone yang akhirnya mengutus bocah tersebut menjadi media partner dari tur sebuah band bernama Stillwater. Almost Famous juga menjadi film fiksi rock n roll terbaik yang pernah ada.

4. QUADROPHENIA

Qua
Quadrophenia

Tak mau kalah, film arahan sutradara Franc Roddam ini berhasil menjadi salah satu film bertema musik terbaik di dunia. Quadrophenia sendiri berkisah tentang pertempuran antara mods dan rocker di Brighton Inggris pada tahun 1960. Film ini dibintangi oleh Sting, Phil Daniels, Toyah, Ray Winstone, dan lain sebagainya.

DIG
DIG!

Di urutan kelima, ada DIG! yang juga terpilih sebagai film bertema musik terbaik di dunia. Ini adalah film dokumenter yang disutradarai oleh Ondi Timoner. Filmnya sendiri menceritakan tentang kisah The Dandy Warhols, The Brian Jonestown Massacre, Courtney Taylor-Taylor, dan Anton Newcombe. Film ini tayang pada 18 Januari 2014.

(nha)