Dengan memiliki pasangan yang hebat, terkadang kita akan menjadi lebih kuat dan hebat, bahkan bisa menggapai bintang di langit. Ternyata, tidak hanya makhluk hidup yang memiliki pasangan, lho. Gedung-gedung ini juga memiliki pasangan dan â??merekaâ?? hampir menyentuh langit, lho! Apa saja ya gedung kembar tertinggi di dunia? Menurut JadiBerita ini dia, yuk kita lihat dari dekat.

1. Menara Petronas

Menara Petronas (travelleza.com)

Menara Petronas merupakan menara kembar yang paling terkenal di seluruh dunia. Dengan tinggi mencapai 452m, Menara Petronas ini dirancang oleh arsitek César Pelli dari Argentina mulai dibangun pada tahun 1998. Menara setinggi 88 lantai ini dirancang untuk menyerupai motif kesenian Islam untuk mencerminkan agama Islam di Malaysia. Di menara ini, terdapat sebuah jembatan udara yang menyambung kedua menara di lantai 41 dan 42, yang menjadikannya jembatan dua lantai tertinggi di dunia.

2. Menara Cullinan

Menara Cullinan (wikimedia.com)

Berlokasi di Union Square, bangunan ini terdiri dari dua menara, yakni The Cullinan North Tower and The Cullinan South Tower, yang merupakan menara tertinggi di Hong Kong dengan 68 lantai dan tinggi keseluruhan 270 meter. Bangunan ini dilengkapi kaca dengan view yang mengarah pada pelabuhan Victoria. Fasad kacanya akan memberikan menara kembar ini image futuristik yang sesuai dengan Pusat Perdagangan Internasional di dekatnya.

3. Menara SPG Global

Menara SPG Global (qnpic.com)

Terletak di kota Suzhou, China, Menara SPG Global ini memiliki 54 lantai dengan total tinggi keduanya mencapai masing-masing 286 meter.

4. Bahrein financial harbor

Menara Bharain Financial (berbagai sumber)

Bahrain Financial Harbor merupakan salah satu proyek komersial di Manama, ibukota Bahrain. Kompleks komersial ini terletak di sebelah Raja Faisal Highway, dekat landmark populer seperti Bahrain World Trade Center, Abraj Al Lulu, Pearl Roundabout dan Bank Nasional Bahrain. Dua menara kembar tertinggi (Komersial Komersial Timur dan Barat) saat ini tercatat sebagai menara tertinggi di Bahrain dengan ketinggian 260 m dengan 54 lantai.

5. Grand gateway shanghai

Grand Gateway Shanghai (wikimedia.com)

Grand Gateway Shanghai adalah sebuah kompleks perkantoran yang terdiri dari dua gedung pencakar langit yang identik di daerah Xujiahui Shanghai, Cina. Dirancang oleh Callison Arsitektur, bangunan itu selesai pada 2005 dan saat ini menempati menara kembar ke 4 tertinggi di dunia. Setiap menara memiliki tinggi 262 m dengan total sebanyak 52 lantai.

(anb)