Bollywood cukup terkenal di Indonesia, musik dan filmnya banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, terlebih lagi baru-baru ini muncul artis India yang muda dan tampan yang memikat perhatian. Nah, bagi kamu yang menyukai berbagai hal mengenai negara India, kali ini JadiBerita akan memberikan informasi tambahan buat kamu mengenai kuliner paling enak dari negara India. Check this out:

1. Biryani

Buryani (burrp.net)

Terbuat dari nasi khusus yang biasa disebut basmati. Nasi basmati memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan nasi pada umumnya. Nah, biryani ini adalah perpaduan nasi basmati dan rempah-rempah seperti kunyit, lada, merica dan kuah khusus biryani. Masakan ini dapat dipadukan dengan berbagai sajian daging-dagingan ataupun sayuran.

2. Butter chicken

Butter Chicken (acekook.com)

Butter chicken atau ayam mentega berbahan bumbu bawang putih, jinten, merica, ketumbar, kuyit, kayu putih dan mentega. Seluruh bumbu tersebut dipadukan dengan daging tanpa tulang yang dimasak hingga matang. Makanan ini dapat diset untuk rasa pedasnya yang tergantung dengan selera.

3. Sambar dan idli

Sambar Idli (santabanta.com)

Sambar merupakan kuliner India yang terbuat dari nasi dan kacang hitam yang difermentasi. Sedangkan Idii merupakan kuliner yang berbahan sayuran yang direbus. Makanan ini memiliki cita rasa pedas yang luar biasa. Meskipun begitu, WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa makanan ini mengandung gizi yang cukup tinggi.

4. Palak paneer

Palak Paneer (cookingwithshobana.com)

Bayam dan keju merupakan bahan dasar untuk membuat makanan ini. Kedua bahan dasar tersebut dicampur dengan berbagai rempah-rempah yang kemudian dihaluskan hingga memiliki tekstur yang sangat lembut. Makanan ini cocok dikonsumsi dengan yogurt, karena memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan. Kuliner ini merupakan kuliner favorit para vegetarian, lho.

5. chole

Chole (foodnspice.com)

Chole atau kari kacang. Kuliner ini berbahan dasar tomat dengan perpaduan rempah-rempah. Sangat cocok jika diberikan taburan irisan daging di atas makanan ini.

(anb)