Seleb cantik Olivia Jensen ternyata memiliki minat besar pada dunia fashion, salah satunya adalah batik. Bahkan saking minatnya, dia tak segan untuk belajar langsung cara membatik hingga ke Yogyakarta.

Olivia mendatangi sebuah sentra pembuatan batik dan bertemu dengan seorang sesepuh pembuatan batik di sana. “Aku ke Mustokoweni, ketemu ketua batik Yogya. Umurnya sudah 80 tahun. Dia mengabdikan diri untuk batik,” ceritanya, saat dijumpai di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, dikutip dari Tabloidbintangcom, Kamis (28/5/2015).

“Bertemu sama wanita seperti dia jadi semangat ya,” imbuh gadis 22 tahun ini.

Selain belajar membatik, Olivia juga mempelajari budaya Jawa secara lebih luas. Tidak mudah, tapi dirasa sangat mengasyikan. “Belajar harus sabar, membatik, menggambar. Sementara aku orangnya nggak sabaran, jadi susah,” seloroh dara kelahiran Denmark itu.

Ketertarikan Olivia pada batik tidak main-main. Hal itu terlihat dari hobinya mengoleksi kain batik. Menurutnya, kegemarannya mengoleksi kain tradisional Indonesia bertolak dari hobinya berbelanja. Koleksi yang dia miliki saat ini diakui Olivia tak hanya didapat saat berpelesir. Temannya yang sedang mengunjungi tempat-tempat di Nusantara pun turut menyumbang koleksi baru kain batiknya.

“Bahkan saking hobinya belanja, kalau ada temen aku jalan ke daerah mana pasti nanya ke aku mau dibawain souvenir apa kalau pulang ke Jakarta. Jadi sampai sekarang koleksi batik aku banyak banget,” ujar Olivia.

Dia mengaku koleksinya kini sudah banyak sekali. Dara kelahiran 11 April 1993 ini mengklaim telah memiliki hampir seluruh kain batik di tanah air. Olivia telah menyimpan koleksi batik dari Jogja, Solo hingga Makassar. â??Ada dari Yogyakarta, Keraton, Solo, Makassar, dan masih banyak lagi. Kayanya semua provinsi di Indonesia aku punya kain batiknya,â? ujarnya.

Ia mengakui punya koleksi yang menumpuk di rumahnya. Karena setiap Olvia pergi jalan-jalan, yang dicari pasti kain batik. Lalu batik dari daerah mana yang paling disukainya?

â??Yogyakarta itu kan kota yang punya koleksi batik banyak banget. Dan jenis batik yang aku suka ini, merupakan batik pertama yang ada di Indonesia. Warnanya itu sangat elegan dan unik dari yang lain, pokoknya cantik banget,â? cerita Olivia. (tom)