Hidup menjadi perantau dan hidup sendiri di dalam kamar kost yang tidak terlalu besar mungkin tidak begitu nyaman di rasakan oleh sebagian orang. Belum lagi uang saku bulanan yang selalu pas-pasan sebagai anak kost. Untuk menyiasatinya, JadiBerita akan berbagi tips denganmu mengenai bagaimana cara yang bisa dilakukan anak kost untuk berhemat, ini dia:

1. Pilih kost-an yang murah

Hal ini akan menjadi penting, karena setiap bulan kamu harus membayar biaya sewa kamar kost. Kalau kamu memilih kost-an yang harganya level menengah ke atas, bagaimana kamu bisa menjalani hidup sampai bulan depan? Eits, bukan berarti kamu memilih kost-an murah dengan tidak mempertimbangkan aspek lainnya, lho. Misal saja, kamu memilih kost yang sangat murah, tetapi akses untuk ke kampusmu lumayan jauh. Hal itu akan menghabiskan waktu dan biaya tambahan. Atau, kamu memilih kost-an murah tetapi tidak layak huni. Paling tidak, kamar kost kamu adalah benar-benar rumah yang bertembok ya, bukan hanya sekat-sekat triplek saja. Masih ada kok, kost-an yang murah dan nyaman.

2. Masak nasi sendiri

Dengan memiliki kamar kost yang agak luas, kamu bisa menyimpan berbagai keperluan hidupmu di dalam kamar kost dengan baik, termasuk magic com. Sebagai anak kost, tentulah kamu harus berhemat. Nah, untuk mendukung usahamu tersebut kamu bisa membawa magic com kecil dari rumah untuk masak nasi demi kebutuhan perutmu sendiri. Kamu tinggal pilih lauk di warung makan dan dibawa pulang ke kost-an.

3. Jangan masukan uang lebih di dompet

Ya, kamu jangan memasukan uang lebih di dalam dompetmu dengan jumlah yang agak banyak. Karena, akan menimbulkan rasa konsumtif. Kamu akan merasa tenang-tenang saja dan cenderung berpikir pendek jika ada uang lebih di dompetmu. Kamu akan berpikir, â??Masih ada uang lebih, kok, jadi nggak masalah.â?. Kemudian tanpa terasa uang tersebut akan habis begitu saja.

4. Selalu cari peluang

Selain sebagai anak kost, kamu sebagai mahasiswapun harus kritis. Berusahalah untuk selalu mencari peluang demi keberlangsungan hidupmu. Misal saja, kalau ada seminar-seminar yang diadakan oleh kampus, kamu bisa segera mendaftarkan diri. Selain dapat ilmu, lumayan kalau kamu bisa mendapatkan snack atau bahkan lunch. Peluang berikutnya juga harus kamu cari, misal saja ada berbagai lomba yang sekiranya kamu mampu untuk mengikutinya, coba saja. Apalagi kalau lombanya gratis, jangan pakai pikir panjang deh.

(anb)