Dikutip dari feed.id, sebuah studi ilmiah dilakukan oleh Brunel University dan dirangkum dalam Journal Personality and Individual Diffeence mengemukakan bahwa status pada sosial media mencerminkan bagaimana kepribadian seseorang sesungguhnya.

Para psikolog yang melakukan survei terhadap 555 pengguna facebook menggolongkan mereka ke dalam 5 ciri kepribadian, yakni ekstroversi, neurotisisme, keterbukaan, persetujuan dan kesadaran diri. Bagaimana bisa ya menebak kepribadian seseorang berdasarkan status facebok? Ini dia penjelasannya:

1. Status berisi berbagai kegiatan = Ekstrovert

Kalau kamu biasa berbagi mengenai apa saja kegiatanmu, dengan siapa kamu pergi dan kejadian-kejadian konyol yang kamu lalui dan lakukan, berarti kamu adalah orang yang ekstrovert atau terbuka. Ya, kamu senang bergaul dengan siapa saja dan ceria.

2. Me-repost berbagai artikel, berita dan semacamnya = Berpikiran terbuka

Kalau kamu biasa menggunakan facebook atau sosial media lainnya untuk mencari berita atau informasi, dan sedikit sekali menggunakannya untuk bersosialisasi. Kemudian kamu me-repost informasi tersebut, kamu cenderung memiliki pemikiran terbuka mengenai berbagai hal. Kamu merupakan seseorang yang bisa dijadikan sebagai teman diskusi yang baik.

3. Pamer kondisi percintaan = Tidak percaya diri

Ternyata pamer kemesraan bisa jadi menunjukkan kerapuhan hubungan cinta Anda. Ada kalanya pasangan yang pamer kemesraan sebenarnya kurang percaya diri dengan hubungannya sendiri. Ketika ada masalah sedikit, mereka akan cenderung insecure.

4. Pamer pencapaian = Narsis

Kalau yang satu ini mungkin kamu juga sudah tahu. Mereka yang sering membuat status mengenai keberhasilan pencapaiannya menginginkan perhatian dan pujian dari orang lain. Biasanya, mereka haus akan sanjungan.

5. Upload berbagai foto anak = teliti

Kalau kamu menemukan akun facebook ataupun akun sosial media lainnya yang berisi mengenai banyak foto anak dibandingkan pemiliki akun itu sendiri, berarti orang tersebut termasuk orang yang teliti. Karena ia memperhatikan setiap perubahan dan pertumbuhan pada anaknya. Tapi tidak hanya anak, hewan peliharaan juga bisa dijadikan tolak ukur. Kalau kamu memiliki hewan peliharaan dan banyak mengupload foto tentangnya, kamu juga termasuk orang yang teliti.

(anb)