Hati orangtua mana yang tak pedih karena harus menanggung duka lantaran sang anak tidak bisa tumbuh seperti anak pada umumnya? Ketika anak memiliki kelainan yang mungkin akan membuat dirinya terasing.

Namun, mungkin berbeda dengan yang dirasakan kedua orangtua Iris Grace Halmshaw. Bocah yang kini berusia 6 tahun memang tumbuh berbeda dan tidak seperti anak-anak lainnya. Cenderung mengalami keterlambatan, namun ia bisa membanggakan.

Iris Grace, gadis kecil yang sekilas terlihat sama dengan anak seusianya namun termyata memiliki kelainan. Ketika ia berusia 3 tahun ia belum bisa bicara dan sulit berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

Ya, Iris Grace menderita autis, sebuah penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan perkembangan sistem saraf yang kompleks pada seseorang. Namun, kedua orangtua Iris Grace, Arabella dan Peter tidak putus asa. Mereka terus berusaha dan mencari jalan terbaik bagi putrinya. Mereka tak henti berkonsultasi dengan banyak ahli terapi.

Pada tahun 2011, ketika Iris Grace terdiagnosa menderita autis, kedua orangtuanya terus memantau dan memperhatikan kegiatan sang buah hati. Hingga akhirnya ditemukan ketertarikan Iris terhadap kegiatan melukis.

Bermula saat kedua orangtua Iris Grace berkonsultasi dengan terapis mengenai cara terbaik untuk bisa menyembuhkan Iris Grace. Awalnya, Iris Grace sama sekali tidak bisa berkomunikasi hingga berusia 2 tahun, ia juga selalu takut berada di tengah keramaian.

Hingga saat diperkenalkan dengan peralatan melukis, senyum ikut terlukis pula di wajah mungil gadis itu. Sejak saat itulah Iris Grace gemar melukis, dan para terapis menggunakan kegiatan tersebut untuk memancing perkembangan Iris Grace.

Ternyata bagi Iris Grace melukis bukan hanya sekedar hobi, dari kegiatan tersebut Iris Grace justru bisa meraih prestasi. Lukisan-lukisan indah dari tangan mungil Iris Grace dihargai dengan harga yang cukup tinggi.

Ia bahkan bisa membiayai pengobatan terapisnya sendiri. Bagaimana tidak, satu lukisan yang dihasilkan gadis kecil asal Inggris ini mampu dihargai hingga £830 atau sekitar ……

Guys, kisah Iris Grace mengajarkan dan menyadarkan kita bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan dengan usaha yang kuat, kita bisa memanfaatkan kelebihan yang kita miliki dengan baik.

(anb)