Otak kiri dan kanan (tipssehatonline.web.id)

Otak merupakan bagian inti dari tubuh manusia. Dengan otak kita dapat berpikir yang membedakan kita dengan makhluk hidup lainnya ciptaan Tuhan. Tanpa daya pikir, sangat mustahil seseorang untuk dapat hidup. Otak sendiri terbagi menjadi dari dua bagianyaitu kiri dan kanan. Menurut para pakar, otak kiri berfungsi untuk menggerakkan tubuh bagian kanan, sedangkan otak kanan berfungsi sebaliknya. Otak kiri lebih mendominasi dalam pikiran logis-analitis dan otak kanan mendominasi pikiran kreatif. Jika melatih otak kiri dapat dilakukan dengan pendidikan formal di sekolah dengan aspek kognitif, bagaimana caranya agar kita dapat mengembangkan otak kanan kita? Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Latihlah tubuh bagian kiri untuk melakukan tugas sehari-hari

Latihan ini bisa kamu mulai dengan belajar menulis maupun menggosok gigi dengan menggunakan tangan kiri. Pada awalnya memang akan terasa susah dan mustahil untuk dilakukan. Namun jika kamu mempraktikkannya setiap hari, bukan tidak mungkin kamu akan dapat menggunakan tangan kirimu secara maksimal, dan tentunya otak kananmu pun akan semakin terlatih.

2. Ketika memutar lagu, jangan hanya mendengarkan sambil lalu. Cobalah resapi nada-nada di dalam musik yang kamu dengar itu

Jangan hanya mendengarkan saja, namun coba pula untuk menghayati dan meresapi musik yang kamu dengar. Dengan begini, otak akan bisa memproses irama dan melodi. Apalagi jika kamu berusaha untuk dapat mengimajinasikan keadaan yang digambarkan melalui sebuah musik maupun lagu, dan ikut merasakan emosi dalam musik tersebut.

3. Meski bukan seorang seniman, cobalah untuk membuat sebuah karya seni seperti menggambar, maupun membuat kerajinan tangan

Seperti kita tahu, para seniman adalah orang-orang yang kreatif. Itu artinya, otak kanan mereka sangat dominan. Oleh karenanya, tak ada salahnya untuk bertindak seperti mereka dengan membuat sebuah karya seni seperti menggambar maupun membuat kerajinan tangan.

4. Tenangkanlah jiwa dan pikiranmu, tak jarang pikiran tenang akan bisa mengasah otak kanan untuk bisa berpikir kreatif

Kreativitas dan ide-ide yang bagus tak akan datang jika pikiranmu sedang dilanda stres. Sebaliknya, ide-ide kreatif akan datang jika dirimu berada dalam keadaan rileks dan pikiran yang tenang. Oleh karenanya, cobalah untuk bermeditasi. Jika kamu tak terbiasa bermeditasi, cobalah untuk berjalan-jalan di pantai yang tenang, maupun dibawah rimbunnya pepohonan hutan. Biarkan dirimu merasa tenang dan biarkan pikiran-pikiran stres menghilang dari dirimu.

5. Demi memupuk rasa empati, ajaklah mengobrol orang di sisi kanan-kiri. Resapi kata-katanya karena percakapanlah yang mengeratkan manusia

Mengobrol dengan orang lain dan terlibat pada hal-hal yang dibicarakan orang tersebut juga dapat melatih otak kananmu. Misalkan saja, ada temanmu yang sedang mencurahkan isi hatinya padamu mengenai masalah di kampus maupun hubungannya dengan sang pacar. Dengan bercerita maupun mendengarkan perkataan orang lain, kamu akan dapat meresapi kata-katanya dan dapat merasakan emosi temanmu tersebut. Rasa empatimu akan semakin terasah, dan kamu akan semakin memiliki perasaan peduli terhadap orang lain.

(Anb)