Ketika musim libur tiba saat itu lah merupakan waktu terbaik untuk melepaskan penat sebagai anak kuliahan dengan tugas yang menumpuk dan ujian yang membuat stres. jika waktu libur panjang maka kebanyakan mahasiswa memilih pulang ke kampung halaman jika mereka perantauan. Namun, jika waktu libur hanya sebentar maka alternatif untuk menghabiskan libur yaitu dengan jalan-jalan atau travelling. Berikut ini merupakan tips yang bisa dijadikan mahasiswa berlibur dengan uang yang pas-pasan

1. Lebih cermat pilih tempat tujuan wisata

Pemikiran yang cermat terhadap tempat tujuan untuk meminimalisir pengeluaran nantinya merupakan hal utama yang mesti diperhatikan. Bertamasya di tempat pelancongan domestik lebih dianjurkan daripada berlibur ke mancanegara. Namun, usahakan tempat rekeasi itu aksesnya mudah dijangkau karena jika masih sulit malah bisa jadi mengeluarkan biaya yang lebih mahal atau sama dengan berdarmawisata ke luar negeri.

2. Hemat biaya penginapan

Cara yang cukup ampuh untuk menghemat biaya perjalanan kamu tentunya dengan menghemat biaya penginapan. Kamu bisa menemukan berbagai hostel dan wisma yang murah meriah di berbagai daerah ataupun negara yang kamu tuju. Lebih mudah lagi, kamu bisa memesan penginapan dari situs daring ataupun perangkat lunak telepon pintar.
Selain menginap di tempat tersebut, kamu juga bisa memakai jasa ‘Couchsurfing’ dan tinggal bersama penduduk lokal yang mau menerimamu.

3. Hemat biaya makan dan minum

Di banyak daerah, beli bahan mentah dari pasar lokal dan masak sendiri di tempat penginapan merupakan cara jitu untuk menghemat pengeluaran makanan. Kalau kamu memang malas masak, ada banyak pedagang kaki lima atau pinggir jalan yang menjual makanan enak murah meriah. Jangan lupa juga bawa botol minum karena mungkin kamu bisa mengisi botol kamu dengan air gratis daripada beli.

4. Hemat biaya transportasi

Traveling lewat jalur darat dan laut seringkali lebih murah daripada jalur udara. Namun kalau kamu memang cuma punya waktu sedikit dan bosan dengan jarak tempuh yang lama, maka lebih baik kamu  memilih naik pesawat dengan maskapai penerbangan murah.
Apabila sudah sampai di tempat tujuan kamu, pergunakanlah sarana publik seperti angkutan umum atau kereta atau moda transportasi terintegrasi lainnya. Kalau suka petualangan dan mau yang gratis, kamu bisa coba nebeng atau ngompreng

5. Cari tempat wisata yang gratis

Ada banyak tempat piknik bagus yang gratis dan dapat didatangi siapa saja. Di banyak kota besar, kamu bisa menemukan tur jalan kaki gratis yang diselenggarakan oleh para sukarelawan. Kamu juga bisa naik bis keliling kota yang disediakan pemerintah setempat untuk menjelajahi sudut kota, terlebih lagi kamu bisa dapat teman baru. Kalau kamu suka sejarah, banyak museum di yang tidak memungut biaya masuk atau yang memberikan potongan harga tiket masuk bagi pelajar seperti kamu.

(anb)