5 album musik terlaris sepanjang masa

Sudah menjadi impian para penyanyi ataupun grup band untuk memiliki album dalam karier bermusiknya. Saat ini, para musisi tergolong mudah untuk membuat sebuah album.

Namun, pertanyaannya apakah album dari musisi itu dapat melejit dengan nilai penjualan yang fantastis? Dari sekian banyak musisi di Indonesia, hanya ada beberapa musisi saja yang punya album musik paling laris sepanjang masa.

Inilah 5 album musik terlaris sepanjang masa versi JadiBerita.

1. Bintang di Surga (2004) – Peterpan

Bintang di Surga (2004) - Peterpan (liriklagu)
Bintang di Surga (2004) – Peterpan (liriklagu)

Grup band Peterpan di tahun 2004 seolah menjadi idola baru di industri musik Tanah Air. Terbukti, karya-karya mereka selalu laris diburu banyak orang, terutama penggemarnya. Bahkan, album mereka yang bertajuk Bintang di Surga menjadi album terlaris sepanjang masa. Album ini terjual sebanyak 3 juta keping, rinciannya, sekitar 2,7 juta album laku di dalam negeri, sisanya terjual di negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darusallam dan Singapura.

2. Sesuatu yang Tertunda (2001) â?? Padi

Sesuatu yang Tertunda (2001) â?? Padi (liriklagu)
Sesuatu yang Tertunda (2001) â?? Padi (liriklagu)

Tak mau kalah dengan Ariel CS, Padi juga mencetak rekor. Album mereka yang berjudul Sesuatu yang Tertunda berhasil menjadi album paling laris sepanjang masa. Hebatnya, album kedua Padi itu ludes terjual sebanyak 450 ribu keping hanya dalam kurun waktu 2 minggu saja. Selang setahun, Sesuatu yang Tertunda laku keras hingga mencapai angka 1,8 juta keping.

3. Bintang Lima (2000) – Dewa

Bintang Lima (2000) - Dewa (zonamusik)
Bintang Lima (2000) – Dewa (zonamusik)

Dewa memiliki album berjudul Bintang Lima yang juga menjadi album terlaris sepanjang sejarah musik Indonesia. Album ini sukses terjual 1,7 juta kopi. Bisa dibilang, ini adalah satu-satunya album milik Dewa yang nilai penjualannya sangat tinggi. Tak tanggung-tanggung, Dewa pun menyabet penghargaan Ami Sharp 2000 untuk kategori Penyanyi/Grup Terbaik, Album Terbaik dan lagu Terbaik (Roman Picisan) melalui album Bintang Lima.

4. Kisah Klasik untuk Masa Depan (2000) – Sheila on 7

Kisah Klasik untuk Masa Depan (2000) - Sheila on 7 (musicgallery)
Kisah Klasik untuk Masa Depan (2000) – Sheila on 7 (musicgallery)

Kemudian, ada Sheila On 7 yang juga punya album musik paling laris sepanjang masa. Album kedua milik SO7 ini diberi nama Kisah Klasik Untuk Masa Depan. Album ini pun tercatat laku keras dalam penjualannya. Di Indonesia, Kisah Klasik Untuk Masa Depan berhasil terjual 1,7 juta keping atau 11 platinum. Sedangkan, di Malaysia sendiri album ini menjadi Top Best Sellers. Tak ayal, album ini masuk dalam jajaran Hits of The World Majalah Billboard.

5. Langkah Baru (2005) â?? Radja

Langkah Baru (2005) â?? Radja (musicgallery)
Langkah Baru (2005) â?? Radja (musicgallery)

Band di posisi terakhir yang punya album terlaris sepanjang masa adalah Radja. Langkah Baru adalah album milik Radja yang berhasil terjual sebanyak 1,3 juta keping sepanjang tahun 2005. Lewat album Langkah Baru, Radja pun meraih sukses besar di panggung musik Indonesia.

(nha)