Demi memangkas budget, kadang anak kost harus melawan rasa tidak nyamannya karena memiliki kamar kost yang kecil. Tidak mempunyai banyak pilihan untuk pindah ke kamar yang lebih besar, karena harus menambah biaya sewa, kamu bisa melakukan beberpa hal berikut ini agar kamu tetap nyaman berada di dalam kamar kostmu meskipun kecil. Cara mempercantik kamar kostmu yang kecil versi JadiBerita:

1. Jangan banyak barang

Kunci utama untuk menyiasati kamar kecil adalah menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan dari dalam kamar. Kalau kamu memenuhi kamarmu dengan berbagai barang, pastilah kamarmu akan terasa sesak dan tidak nyaman. Misalnya, kamu tidak perlu membawa koleksi bacaanmu seluruhnya, pilihlah koleksi buku kesukaanmu. Sebagai anak kost, kamu hidup sendirian di dalam kamar, maka kamu tidak perlu memiliki alat makan yang banyak, cukup dua atau tiga set saja.

2. Hiasi dinding

Setelah sibuk membereskan kamar dan menyingkirkan barang-barang tidak terpakai atau karang terpakai di kamarmu. Selanjutnya kamu bisa menghiasi kamar kostmu dengan hiasan dinding. Kamu bisa menganggap kamar kost seperti kamarmu sendiri. Tetapi, karena kamar kost bersifat sementara, maka hias dinding semipermanen saja. Kamu bisa membuat frame foto yang unik, simpel dan semipermanen. Misal menggunakan lakban bermotif lucu yang kamu tempelkan di dinding-dinding kamar, sehingga ketika kamu melepasnya nanti tidak menyisakan kerusakan.

3. Tidak perlu pakai ranjang

Kalau kamar kostmu kecil, mungkin sebaiknya kamu tidak perlu menggunakan ranjang, karena ranjang hanya akan membuat kamarmu lebih sesak. Kamu bisa menggelar kasurmu di bawah yang sebelumnya dilapisi oleh tikar.

4. Selalu rapih dan bersih

Karena barang-barang dalam kamarmu tidak banyak lagi, hal itu akan memudahkan kamu untuk menyusunnya. Kalau kamu mudah menyusun barang-barangmu, maka kamu juga akan lebih mudah untuk selalu membersihkan kamarmu. Ingat, meskipun kamarmu kecil, jangan malas untuk selalu membersihkan dan merapihkan kamar kostmu, ya. Karena kamu tinggal sendiri, maka tanggung jawab kebersihan ada ditanganmu sendiri.

(anb)