Mall mungkin menjadi destinasi favorit sebagian orang. Karena kebanyakan mall terletak di lokasi yang strategis di tengah-tengah kota. Berbicara soal mall, kali ini JadiBerita ingin berbagi informasi dengan kalian semua tentang mall-mall terbesar di Asia Tenggara. Mungkin saja kamu berniat untuk bisa mengunjunginya. Apa saja ya mall terbesar di Asia Tenggara? Yuk dilihat, ini dia:

1. New South China Mall

New South Mall China (fashionnetasia.com)

Dengan luas hingga 659 ribu meter persegi, New South China Mall yang terletak di Dongguan ini bisa menampung hingga 2350 toko. Bagian-bagian dari mall ini didesain agar menyerupai kota-kota besar dunia seperti Paris, Amsterdam, Roma, California, Karibia, dan lain-lain.

2. Golden resources mall

Golden Resources Mall (gkswing.com)

Masih dari dataran China. Golden Resource Mall merupakan pusat perbelanjaan terbesar kedua di Asia Tenggara dengan luas hingga 557 ribu meter persegi. Mall ini memiliki sekitar 1.000 toko ritel dari berbagai merek, apartemen, kantor, bioskop, restoran dan Kid area. Mall ini dibuka pada tahun 2004.

3. SM Mall of asia

Mall of Asia (markmaranga.com)

Mall yang berada di Filipina ini menduduki urutan ke-3. Dibuka pada tahun 2006, mall ini dibangun di atas wilayah persegi 4.200.000 ft. Mall ini dibagi menjadi empat bangunan dan terkenal sebagai yang terbesar di Filipina dan mall itu sendiri dihiasi dengan luas kolam Berukuran standar Olimpiade, satu teater IMAX, ratusan toko retail, taman, beberapa ruang besar dan tempat parkir sangat luas.

4. Mal 1 utama

Mal 1 Utama Malaysia (dreamstime.com)

Bergesar ke negara Malaysia, mereka juga memiliki mall besar bernama 1 Utama. Resmi dibuka pada 1995, mall ini disebut memiliki 700 lebih toko dan ada empat supermarket raksasa di dalamnya. Luas mall ini mencapai 15,24 juta meter persegi.

5. Central world mall

Central World Mall (exploringtourism.com)

Berada di komplek perbelanjaan di Bangkok, Central World adalah kompleks perbelanjaan terbesar kelima di dunia. Tepatnya, berlokasi di distrik Wan Pathumrea, area mal ini menyatu dengan hotel bintang 5 dan gedung pencakar langit. Pada tahun 2006, setelah tiga tahun dirancang dan direnovasi, Central World diperluas menjadi 550.000 meter persegi untuk pusat perbelanjaan dan 1.024.000 meter persegi untuk kompleknya.

(anb)