Yang namanya kreatifitas bisa datang dari mana saja, bahkan dari hal yang tak terduga sekalipun. Seperti misalnya fotografer yang satu ini.

Seniman visual Jerman Marcus Einspannier memiliki kesenangan tersendiri dengan awan, hal ini dapat kita lihat dari foto-foto yang diambilnya. Dia berimajinasi dengan bentuk-bentuk awan yang di lihatnya. Kemudian dengan kreatifitasnya ia memfoto awan-awan tersebut dengan benda-benda sehingga semakin jelas terlihat gambaran bentuk awan yang diimajinasikannya.

“Orang tua saya terus bertanya padaku mengapa aku selalu menatap ke langit dan apa yang yang saya lihat di sana,” kenang Marcus, semangatnya mengambil foto awan diawali dari hadiah kamera Polaroid yang diberikan orang tuanya saat ulang tahun ke 13. “Aku memegang benda-benda kemudian mengarahkannya ke langit. Atau aku hanya akan melompat di udara sampai fotoku menciptakan ilusi seakan aku berdiri di atas awan.”

Biasanya Marcus menggunakan benda sehari-hari seperti mainan atau boneka yang kemudian dipadukan dengan foto awan sehingga terciptalah foto yang imajinatif, dan bisa menggambarkan suasana masa kecil yang ceria. “Kamu bisa melihat beberapa hal yang aneh dan menarik dari awan,” kata Markus. “Imajinasi itu tak mengenal batas,” lanjutnya.

Di antara foto kreasinya, ada foto dimana dirinya tampak mengeluarkan asap dari telinganya, padahal asapnya itu adalah awan. Begitu juga dengan foto dirinya yang mengeluarkan ilmu tenaga dalam layaknya kartun “Dragon Ball”, namun sebenarnya itu hanya foto yang diambil dengan angle yang tepat dengan posisi awan.

Ada juga salah satu fotonya sedang memegang cone untuk es krim, dan es krimnya adalah awan. Selain yang sudah disebutkan tadi masih banyak lagi karya dari Markus, yang tentunya menarik untuk dilihat. Agar tidak penasaran, langsung saja lihat karya-karya dari Markus di bawah ini, yang diambil dari akun Instagram miliknya, @marcus1spannier. (tom)