Manusia berotot sudah biasa. Kini muncul yang luar biasa, yaitu kanguru berotot. Namanya Roger. Sehari-hari, Roger tinggal di penangkaran Alice Springs, Australia. Sosoknya langsung mencuri perhatian. Otot-ototnya kekar. Badannya bak binaragawan yang rajin melatih tubuh.

Roger sang kanguru berotot (Daily Mail)
Roger sang kanguru berotot (Daily Mail)

Hanya saja, ada satu masalahnya. Roger adalah kanguru jantan berusia 9 tahun yang tentunya tidak lazim punya tubuh berotot. Dilansir dari Daily Mail, Jumat (5/6/2015), wujud Roger yang unik itu segera menggegerkan publik. Dia jadi bintang utama penangkaran tersebut.

Pengunjung taman nasional di Negara Bagian Northern Territory ini sering memotretnya atau merekam gerak-geriknya. Seakan sudah sadar kamera, Roger kini sering beraksi sebelum dijepret. Misalnya meremukkan kaleng atau merentangkan dua lengan yang berotot. Aktivitas Roger sampai diliput televisi lokal.

Bobot Roger kini mencapai 89 kilogram dengan tinggi badan 2 meter, dua kali lipat ukuran kanguru biasa. Menurut manajer penangkaran ini, Roger memang rajin olahraga. “Sehari-hari dia memang saya ajak latih tanding bela diri kickboxing. Jadi hati-hati, Roger bisa memukul anda sampai tidak sadarkan diri,” kata Manajer Penangkaran Chris Barnes.

Barnes memperkirakan Roger masih bisa tumbuh lebih berotot lagi. Kendati begitu, kanguru kondang ini belum mengalahkan rekor dunia. Di Australia, pernah hidup kanguru lain yang punya bobot 95 kilogram, yang diklaim paling besar sepanjang masa.

Barnes bersyukur kini Roger memiliki tubuh yang sehat, bahkan punya tubuh berotot. Dia dibawa ke penangakaran Alice Springs karena induknya mati akibat ditabrak mobil pada tahun 2006.

Insiden itu pula sepertinya yang membuat kanguru jantan ini agak tidak ramah pada pengunjung. “Roger protektif pada kawanan kanguru betina, kalau ada pengunjung terlalu dekat ke rombongannya, maka dia sering menyerang mereka,” tuturnya. (tom)