When miss home (alioffthemark.com)

 

Istilah homesick tenar dikalangan para perantau. Apakah kamu termasuk salah satu anak rantau? Di tempat orang lain, terkadang kita seringkali merindukan suasana dan kehangatan di rumah. Namun tidak mungkin rasanya jika harus kembali ke rumah pada saat itu juga. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah cara mengatasi rindu ketika homesick menyerangmu versi JadiBerita:

1. Telepon orang rumah

Ketika rasa rindu dan homesick menyerangmu, maka jangan bingung. Jaman sudah semakin canggih, kamu bisa menelepon orangrumah menggunakan ponselmu. Daripada galau-galau nggak jelas sendirian, kamu lebih baik meminta nasihat dari orangtu, kakakmu atau juga saudara-saudaramu yang lain. Tidak hanya telepon, kecanggihan teknologi juga membuat kamu bisa melihat ekspresi mereka ketika berbicara denganmu seperti via video call ataupun skype.

2. Cari kegiatan

Jika kamu sudah menelepon orang rumah dan masih merasakan rindu yang luar biasa. Maka kamu sebaiknya cari kegiatan yang bisa menyibukkan dirimu dan melupakan rasa rindumu yang mungkin berlebihan dan menyusahkan dirimu sendiri. Mungkin kamu bisa menyicil mengerjakan tugas, daripada menunggu deadline. Buat dirimu seproduktif mungkin pada saat seperti itu, bisa kamu menulis karangan yang kemudian kamu kirimkan kepada redaksi majalah cetak ataupun online.

3. Ingat cita-citamu

Kamu merantau tentu memiliki tujuan. Ketika homesick menyerang hatimu, maka ingat-ingat lagi apa yang menjadi tujuanmu merantau dan keluar dari rumah. Tujuan dan cita-citamulah yang akan menguatkanmu kembali. Ingat juga, bahwa orangtuamu menanti kesuksesanmu di rumah. Jangan pupuskan harapan mereka!

4. Pergi bersama teman

Daripada berlama-lama berdiam diri sendirian, dan memikirkan yang aneh-aneh, kamu lebih baik pergi jalan-jalan bersama temanmu. Dengan teman, maka kamu akan memiliki pembicaraan yang akan mengalihkan rasa rindumu terhadap kehangatan di rumah.

(anb)