Miguel Rato (kiri) dan Nina Mufleh (kanan) - jadiberita.com

Sukses dalam karir menjadi impian semua orang. Banyak orang yang mengidamkan untuk dapat bergabung di perusahaan besar dan ternama.  Namun di era yang semakin maju ini, persaingan ketat terus terjadi dan tidak bisa dielakkan.

Para job seeker harus memutar otak memikirkan cara terbaik untuk bisa menunjukkan diri di depan perusahaan yang ia impi-impikan dan mendapat kesempatan untuk bergabung di sana. Harus ada sesuatu yang beda untuk di lakukan.

Seperti seorang wanita asal Amerika Serikat keturunan timur tengah ini. Nina Mufleh, nama gadis itu. Nina telah lama mengincar perusahaan besar Airbnb untuk bisa bergabung dan membina karirnya di sana.

Namun sayang, berkali-kali Nina mencoba mengirim surat lamaran kerja perusahaan tersebut baik melalui e-mail maupun job-listing, ia selalu mendapatkan hasil nihil. Nina pun berpikir keras agar keajaiban datang kepadanya dan memberikannya kesempatan untuk dapat bergabung di Airbnb.

Akhirnya Nina mendapat ide untuk memuat website khusus untuk resume, CV dan ide kreatif untuk Airbnb. Nina bahkan membuat sebuah domain dan desain website tersebut mirip dengan situs resmi Airbnb.

Tampilan website Nina (nina4airbnb.com)

Dalam situs yang beralamatkan nina4airbnb.com, Nina memasukkan resume dan CV mengenai dirinya. Tidak hanya itu, Nina juga memaparkan sejauh mana ia mengetahui tentang Airbnb dan ia juga memberikan masukkan untuk perusahaan tersebut.Alhasil,Nina berhasil mendapatkan kesempatan untuk interview formal langsung dengan CEO dan CMO.

Cerita lain juga datang dari seorang pria bernama Miguel Rato. Dilansir dari liputan6.com,Rato membuat resume keahliannya pada kotak susu demi mendapatkan pekerjaan di perusahaan iklan London, Wieden +Kennedy.

Ketika menyelesaikan surat lamaran dalam bentuk kotak susu tersebut, Rato tengah menyelesaikan tahun terakhir studinya di University of Creative Arts, London, Inggris. Rato mengatakan bahwa surat lamaran dan resumenya masih memiliki elemen tradisional.

Surat Lamaran Kotak Susu Ala Rato (bussinessinsider.com)

Isi resume dan surat lamaran yang sesungguhnya ia tulis pada selembar kertas yang ia masukkan ke dalam kotak susu tersebut. Di dalam kertas tersebut Rato menuliskan berbagai pengalamannya secara detail.

Kreativitas dari Rato ini membuatnya menerima banyak tawaran untuk bekerja menjadi pegawai tetap maupun menjadi pegawai pauh waktu. Kemudian, pria asal Inggris ini berniat untuk pindah ke Amerika dan bermimpi untuk dapat bergabung pada perusahaan teknologi terbesar seperti Google, Apple ataupun Digital Kitchen.

Guys, jangan pernah putus asa jika kamu belum bisa menemukan pekerjaan yang kalian impikan ataupun bergabung pada perusahaan yang kalian idamkan.Tetap berpikir positif dan kreatif, ya!

(anb)