5 film indonesia yang diadaptasi dari novel (sindo)

Sebuah novel bukan cuma asyik untuk dibaca saja, tapi bisa juga dituangkan menjadi karya film. Sejumlah sutradara handal Indonesia pun mengangkat sebuah film yang diadaptasi dari cerita novel.

Hasilnya, film-film tersebut mendulang kesuksesan yang besar. Filmnya pun berhasil menyedot animo masyarakat untuk berbondong-bondong datang ke bioskop.

Dilansir Sindo, Rabu (10/06), inilah 5 film Indonesia yang diadaptasi dari novel populer.

1. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi (muvila)
Laskar Pelangi (muvila)

Film berjudul Laskar Pelangi adalah film yang tergolong sukses besar di tahun 2005. Laskar Pelangi merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata. Film ini menampilkan keindahan alam negeri Pulau Belitung. Laskar Pelangi berkisah tentang kehidupan anak-anak yang bersekolah di SD Belitung yang memiliki citaâ??cita setinggi langit.

2. Ayat â?? Ayat Cinta

Ayat â?? Ayat Cinta (21cineplex)
Ayat â?? Ayat Cinta (21cineplex)

Ayat-ayat Cinta garapan Hanung Bramantyo ini juga menjadi film yang diadaptasi dari novel populer. Serupa dengan judul filmnya, Ayat-ayat Cinta diadaptasi dari novel besutan Habiburrahman El Shirazy. Film ini menceritakan tentang kisah cinta antara Fahri dengan Aisha dan Maria. Film ini dibintangi oleh seperti Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca, dan Melanie Putria.

3. Ketika Cinta Bertasbih

ketika cinta bertasbih (viki)
ketika cinta bertasbih (viki)

Selain Ayat-ayat Cinta, Habiburrahman El Shirazy juga membuat novel berjudul Ketika Cinta Bertasbih yang diangkat menjadi sebuah film layar lebar. Film yang dibintangi oleh Kholidi Asadil Alam, Oki Setiana Dewi, Alice Norin disutradari oleh Chaerul Umam. Film yang rilis tahun 2007 ini bercerita tentang kehidupan Khairul Azzam, yakni seorang mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Al-Azhar University, Kairo.

4. 5 CM

5 CM (wikipedia)
5 CM (wikipedia)

5 cm garapan Rizal Mantovani juga menjadi film yang diadaptasi dari novel terpopuler berjudul sama. Film ini menampilkan bintang-bintang ternama yakni Fedi Nuril, Denny Sumargo, Herjunot Ali, Raline Shah, dan Igor Saykoji. 5 cm menceritakan tentang persahabatan 5 orang yang berusaha mendaki puncak gunung Mahameru setelah beberapa bulan tidak bertemu. Ada pula sisi percintaan yang dituangkan dalam film ini.

5. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (liputan6)
Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (liputan6)

Terakhir, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck juga termasuk salah satu film yang diadaptasi dari novel populer. Film yang tayang tahun 2013 adalah film dari novel karya Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah alias Buya Hamka. Film yang dibintangi oleh Herjunot Ali dan Pevita Pearce ini berkisah tentang perbedaan latar belakang sosial yang menghalangi kisah cinta sepasang kekasih yang berakhir kematian dan terkubur bersama tenggelamnya kapal Van Der Wijck.

(nha)