5 prajurit TNI yang bikin geger (bintang.com)

Tentara Nasional Indonesia atau yang disingkat TNI adalah sebuah pasukan yang bertugas menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Indonesia sendiri mempunyai 3 jenis TNI yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Selain tiga jenis itu, TNI pun memiliki pasukan-pasukan yang membuat geger dunia. Bahkan, salah satu pasukan TNI itu menjadi pasukan terbaik di dunia berdasarkan penilaian Discovery channel military edition 2008.

Dilansir dari Bintang, Kamis (11/06), inilah 5 prajurit TNI yang bikin geger dunia seperti yang dihimpun JadiBerita.

1. DENBRAVO-90

DENBRAVO-90 (bintang.com)
DENBRAVO-90 (bintang.com)

Prajurit TNI berjulukan DENBRAVO-90 ini selalu bikin geger dunia lantaran kesetiaan dan tugasnya dalam mengamankan Tanah Air. DENBRAVO-90 adalah singkatan dari Detasemen Bravo 90. Ini adalah pasukan TNI yang dibentuk secara terbatas di lingkungan Korps Pasukan Khas TNI-AU pada tahun 1990. Sedangkan, Bravo berarti yang terbaik. DENBRAVO-90 dikonsep dengan pembentukan yang merujuk pada pemikiran Jenderal Guilio Douchet. Konsep itu memiliki arti lebih mudah dan lebih efektif menghancurkan kekuatan udara lawan dengan cara menghancurkan pangkalan/instalasi serta alutsista-nya di darat daripada harus bertempur di udara. Tahukah aden, enon, kemampuan 1 orang DENBRAVO-90 setara dengan 5 orang TNI lho. Luar biasa bukan!

2. KOPASSUS

KOPASSUS (bintang.com)
KOPASSUS (kasamago,wordpress)

KOPASSUS juga menjadi prajurit TNI yang paling disegani oleh dunia. Pasukan TNI yang memiliki kepanjangan dari Komando Pasukan Khusus termasuk bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dipunyai oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. Prajurit TNI ini punya keahlian khusus di antaranya bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Kemampuan 1 orang KOPASSUS setara dengan 8 orang TNI.

3. KOPASKA

KOPASKA (bintang.com)
KOPASKA (tempokini)

Komando Pasukan Katak atau disingkat KOPASKA bertugas sebagai prajurit TNI yang menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai dan operasi pendaratan kekuatan amfibi. KOPASKA sendiri dibentuk oleh mantan Presiden Soekarno pada 31 Maret 1962. Kala itu, Soekarno mendirikan KOPASKA lantaran guna mendukung kampanye militer di Irian Jaya. KOPASKA berjumlah keseluruhan sebanyak 3.000 prajurit yang terbagi satu grup di Armada Barat di Jakarta, dan satu grup di Armada Timur di Surabaya. Kemampuan 1 orang Kopaska sama dengan 24 orang TNI.

4. YONTAIFIB

YONTAIFIB (bintang.com)
YONTAIFIB (detik)

Pasukan TNI selanjutnya yang berhasil membuat geger di dunia adalah YONTAIFIB. YONTAIFIB sendiri adalah kepanjangan dari Batalyon Intai Amfibi. Prajurit TNI ini merupakan satuan elit dalam Korps Marinir. Untuk menjadi anggota YONTAIFIB, kamu wajib memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, serta telah berdinas aktif minimal dua tahun. Apabila bergabung bersama YONTAIFIB, kamu akan diajarkan caranya berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, sejauh 6 km di Selat Madura. Kemampuan 1 orang YONTAIFIB setara dengan 24 orang TNI.

5. DENJAKA

DENJAKA (facebook)
DENJAKA (facebook)

Terakhir, Indonesia punya pasukan TNI bernama DENJAKA yang kerap membuat geger dunia. DENJAKA yang berkepanjangan dari Detasemen Jala Mangkara merupakan detasemen pasukan khusus TNI Angkatan Laut. DENJAKA sendiri ialah satuan gabungan antara personel KOPASKA dan YONTAIFIB Korps Marinir TNI-AL. DENJAKA memiliki tugas sebagai satuan anti teror baik di darat atau di laut. Untuk segi tingkat kemampuan, 1 orang DENJAKA setara dengan 120 orang TNI.

(nha)