Facebook, twitter, instagram, path, pinterest, Gplus, tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan sosial media tersebut. Masing-masing tentunya punya keunggulannya sendiri. Kali ini hadir sebuah sosial media yang dikhususkan bagi para traveler. Postcard & Tag, kamu pasti masing asing mendengar sosial media yang satu ini. Postcard & Tag baru saja diluncurkan awal April 2015 kemarin sehingga masih banyak yang belum familiar dengan sosial media ini.

Postcard & Tag muncul dari ide Punyo Sakharet yang ingin menggabungkan design kartu pos dengan dengan destinasi traveling dalam sebuah sosial media. Punyo yang merupakan seorang design grafis bergabung bersama partnernya yang bernama Ruth Naderer untuk mewujudkan idenya membuat sosial media bernama Postcard & Tag.

Dalam Postcard & Tag, kamu bisa berbagi foto (postcard) yang berisi tempat destinasi wisata yang sudah kamu kunjungi. Jadi, ada tiga fungsi utama yang ditawarkan oleh Postcard & Tag, yaitu mencari berbagai inspirasi kartu pos dari sebuah tempat di seluruh dunia, membuat rencana perjalanan dengan mengumpulkan berbagai kartu pos yang berkaitan dengan rencana perjalanan kamu, yang terakhir adalah membagikan foto perjalanan kamu kembali ke Postcard & Tag sehingga dapat menginspirasi pengguna lain untuk melakukan perjalanan. Bisa dibilang, sosial media ini juga disebut sebagai direktori travelling.

Punyo dan Ruth optimis dengan sosial media yang mereka garap. Pasalnya Indonesia merupakan pengguna sosial media terbanyak di dunia. Ditambah pertumbuhan anak muda Indonesia untuk bertravelling semakin meningkat. Selain itu, keragaman budaya dan sekitar 17.000 pulau di tanah air juga dapat menarik perhatian turis lokal maupun mancanegara.

Setelah dua bulan diluncurkan, Postcard & Tag mengalami pertumbuhan pengguna yang signifikan. Hingga saat ini, sosial media ini telah memiliki 15.000 kartu pos yang mencakup lebih dari 3.000 kota dan wilayah terbaik di seluruh dunia.

Strategi marketing yang digunakan oleh Poscard & Tag adalah dengan melakukan kerja sama dengan komunitas fotografer atau para traveler. Mereka juga akan menggandeng beberapa ahli travel atau koki terkenal seperti Will Meyrick, aktor televisi atau film layar lebar, dan fotografer professional untuk menarik banyak pengguna.

Untuk ke depannya, Postcard & Tag akan mengembangkan aplikasi mobile untuk platform Android dan iOS. Mereka juga akan menambah beberapa fitur, seperti jadwal untuk mempermudah pengguna merencanakan perjalanan, berkomunikasi dengan pengguna lain lewat fitur mengirim pesan, mempersiapkan rencana serta memesan paket travel. Fitur video selain gambar pada kartu pos juga tidak lepas dari rencana Postcard & Tag di masa depan. (jow)