Battle of Surabaya (YouTube)

Berbeda dengan Amerika Serikat atau Jepang, Indonesia mungkin bisa dibilang kurang produktif dalam memproduksi film-film animasi atau film kartun. Namun bukan berarti Indonesia tidak memiliki animasinya sendiri. Salah satu animasi Indonesia yang cukup berkualitas adalah “Battle of Surabaya”.

Film yang diproduksi oleh MSV Pictures (anak perusahaan kampus STMIK Amikom Yogyakarta) itu disebut-sebut sebagai pelopor film animasi yang berstandar Internasional. Bahkan menurut penuturan Aryanto Yuniawan sang sutradara “Battle of Surabaya”, film tersebut telah dilirik oleh perusahaan film animasi raksasa dunia, Disney.

Dilansir dari Muvilacom, Senin (15/6/2015), Disney telah memberikan tiga opsi untuk MSV Pictures terkait hal tersebut. Pertama, Disney membeli proyek tersebut. Kedua, Disney membantu dalam mendistribusikan film “Battle of Surabaya” di jaringannya. Atau ketiga, “Battle of Surabaya” dapat tayang di Disney Channel layaknya “Ipin dan Upin”. Namun begitu, pihak MSV Pictures belum memastikan opsi mana yang nantinya mereka pilih. Pasalnya, proses produksi keseluruhannya baru dijadwalkan rampung sekitar bulan April lalu. Mereka akan kembali berdiskusi dengan pihak Disney setelah merampungkannya.

M. Suyanto, produser “Battle of Surabaya”, mengatakan bahwa salah satu alasan Walt Disney melirik “Battle of Surabaya” lantaran film animasi tersebut menyuguhkan citarasa film Hollywood. “Ada perjalanan dramatis dan psikologis dalam film ini. Sinematografi ala Barat itu pula yang membedakan ‘Battle of Surabaya’ dengan film Indonesia lain. Film Indonesia kebanyakan hanya menampilkan dramatis,” ungkapnya.

Menurut situs resmi film “Battle of Surabaya”, animasi ini merupakan cerita adaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Musa, seorang remaja penyemir sepatu yang kemudian membawa misi sebagai kurir surat-surat rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia. Selain surat rahasia Musa juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya. Bersama sahabatnya Yumna dan Danu, Musa mengalami petualangan hebat hingga banyak kehilangan orang-orang yang dicintainya.

Film yang menampilkan Maudy Ayunda dan Reza Rahadian sebagai pengisi suaranya ini akan tayang di bioskop mulai tanggal 20 Agustus mendatang. Kamu bisa lihat trailernya di bawah ini.

(tom)