Pantai Kesirat

Pantai kesirat adalah salah satu pantai indah yang tersembunyi dibalik tebing â?? tebing di kawasan Panggang, Gunung Kidul. Dari puluhan pantai yang berderetan di kawasan Gunung Kidul, mungkin hanya ini pantai yang memiliki keunikan. Mengingat belum banyak orang yang mengetahui letak dari pantai kesirat, atau yang sering penduduk sekitar sebut dengan pantai gesirat. Nah ini dia rute yang bisa kalian pilih untuk mencapai lokasi.

Rute Pantai Kesirat

Dari imogiri : Jalan Imogiri – Jalan Siluk – ( terdapat Pohon beringin yang cukup besar , lalu ambil Kanan Menuju arah pantai Gesing ) – Pasar Pandhem Ke Kanan – Jika ke kiri ke pantai Gesing , Lurus saja sekitar 200 Meter ada masjid kiri jalan ( masuk ke kiri )

Dari Jogja : Pertigaan Lanud Gading  – ( kanan Arah Playen ) – Kecamatan Playen – Kecamatan Paliyan – Hutan Sodong – Pertigaan setelah telaga Namberan Ambil Kanan – Arah ke Panggang setelah balai desa Girisekar ( anda akan menemukan Pohon beringin yang cukup besar , lalu ambil Kanan Menuju arah pantai Gesing ) – Pasar Pandhem Ke Kanan – Jika ke kiri ke pantai Gesing , Lurus saja sekitar 200 Meter ada masjid kiri jalan ( masuk ke kiri ).

Pantai cantik ini berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Masih belum ada petunjuk jalan yang mengarah ke Pantai kesirat, untuk menemukannya diperlukan taktik asik dengan menyapa penduduk sekitar dan menanyakan jalan mana yang mengarah ke Pantai ini. Jika sudah bertemu dengan masjid yang dekat dengan tikungan gang masuk Pantai, maka bisa diperkirakan perjalanan sudah semakin dekat. Sekitar 3 kilometer dari jalan raya.

Pantai yang sepertinya belum diresmikan oleh Pemerintah ini akhirnya dikelola oleh warga sekitar. Tidak salah jika loket pemungutan biaya memasuki pantai terbilang sangat murah, sekitar 2000 rupiah saja. Warga dengan antusias menunggu portal pembatas yang jaraknya masih sekitar 1,5 kilometer dari bibir pantai. Perjalanan melewati sawah dan pemukiman warga ini terasa sejuk karena banyaknya pohon yang tumbuh disini. Sehingga perjalanan tim JadiBeritapun terasa semakin menyenangkan, walau melewati jalan setapak yang amat kecil.

Setelah menempuh perjalanan panjang, akhirnya kami dapat mengintip sedikit indahnya pantai Kesirat. Dengan segera kami parkirkan kendaraan di sebuah gubuk mungil buatan warga. Disini juga ada satu buah gubug yang disulap untuk dijadikan toko, dengan isi makanan ringan serta minuman pelepas dahaga. Dilanjutkan berjalan kaki menuju pohon yang tampak sudah tua dan menjadi ciri khas Pantai Kesirat.

Nah, pertama kali menapakkan kaki disini tentu kami dibuat tercengang. Mengapa disini tidak ada hamparan pasir putih layaknya pantai lain? Deburan ombak yang seolah mengejar daratan, atau melihat ikan â?? ikan berenang dengan lemah gemulai. Yap disinilah letak keunikan dari Pantai Kesirat. Hanya ada air laut yang seolah menabrak barisan tebing hijau dan semakin menawan saat diterpa sinar mentari. Dari atas tebing yang kami pijaki ini, terlihat hamparan birunya air laut yang eksotis. Banyak wisatawan local daerah jogja yang memilih tempat ini sebagai lokasi kemping dengan teman â?? temannya.

Adanya sebuah pohon yang tumbuh besar di atas tebing mengingatkan pantai Pok Tunggal yang juga memiliki pohon mungil di bagian bibir pantainya. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kesirat adalah saat sore hari, karena matahari dapat dinikmati secara sempurna disini. Rasakan sensasi kemping di atas tebing kesirat sambil menikmati indahnya matahari tenggelam. (jow)