Kegiatan Positif di bulan Ramadan (plat-m)

Tak terasa besok kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Bulan yang dimana umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh.

Tak hanya puasa saja, umat muslim juga harus melakukan kegiatan positif yang bermanfaat bagi orang banyak. Dengan melakukan kegiatan positif di bulan puasa, maka Allah akan memberi pahala kepada kita.

Kegiatan positif bisa dilakukan sendiri maupun bersama teman, atau pacar. Lantas, kira-kira apa saja sih kegiatan positif yang bisa dilakukan bareng doi? Inilah kegiatan positif yang bisa kamu dan doi lakukan ketika ramadan versi JadiBerita.

1. Bagikan Takjil

Bagikan Takjil (titik0km)
Bagikan Takjil (titik0km)

Kegiatan positif yang bisa kamu lakukan dengan doi ketika Ramadan adalah membagikan takjil atau menu berbuka puasa. Kamu dan doi bisa merundingkan akan membagikan takjil untuk siapa aja. Umumnya, takjil dibagikan bagi pengendara sepeda motor yang tak sempat berbuka puasa dirumah, atau kaum-kaum tak mampu seperti anak yatim, kaum duafa, para musafir, dan lain sebagainya.

2. Memasak Hidangan Buka Puasa

masak hidangan buka puasa (viva)
masak hidangan buka puasa (viva)

Selain membagikan takjil, kamu dan doi juga bisa memasak hidangan buka puasa lho. Sebelum memasak, kamu dan doi harus memikirkan akan memasak hidangan apa. Tapi, lebih baik kamu dan doi bekerja sama memasak kolak, agar-agar, atau hidangan manis lainnya. Sebab, itu adalah hidangan tepat dan paling disukai banyak orang saat berbuka puasa.

3. Membaca Al-Quran

Baca Alquran (cnn)
Baca Alquran (cnn)

Bulan Ramadan menjadi kesempatan bagi umat Islam dalam mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan melakukan kegiatan positif. Baca Al-Quran contohnya. Kamu dan doi bisa membaca Al-Quran di sebuah masjid. Dengan begitu, hati kalian akan semakin tentram.

4. Pesantren Kilat

Pesantren Kilat (kompasiana)
Pesantren Kilat (kompasiana)

Jika kalian masih sekolah, pasti pihak sekolah akan mengadakan kegiatan bernama pesantren kilat ketika bulan puasa. Pesantren kilat bertujuan untuk menambah ilmu agama para siswa/siswi. Pesantren kilat ini sangat bermanfaat karena diisi dengan kegiatan positif seperti mengaji, mendengarkan ceramah dari para ustad, dan masih banyak lagi.

(nha)