Penuaan dini (viva.co.id)

Saat ini hampir kebanyakan orang akan melakukan upaya apapun agar dirinya terlihat maksimal dan tetap awet muda. Namun ternyata ada beberapa kebiasaan yang justru menyebabkan penuaan dini, lho. Kebiasaan itu mungkin tanpa sadar kamu lakukan dan mungkin belum kamu tahu efeknya. Nggak mau kan usahamu untuk tampil maksimal justru sia-sia, maka kamu perlu mengurangi melakukan kebiasaan yang memicu penuaan dini berikut ini versi JadiBerita:

1. Mendengarkan musik terlalu keras

Mendengarkan musik menggunakan headset (wundergroundmusic.com)

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa mendengarkan musik dengan suara yang terlalu keras akan menyebabkan penuaan dini. Penuaan dini bukan hanya berlaku untuk kulit, tetapi juga pada organ tubuhmu. Mendengarkan musik dengan suara keras akan meningkatkan resiko gangguan pendengaran dini, terlebih jika kamu mendengarkannya dengan menggunakan headset. Untuk menghindari dampak yang ditimbulkannya, gunakanlah speaker untuk mendengarkan musik dalam volume yang besar

2. Minum menggunakan sedotan

Tuh kan, bibirnya mengerucut (wundergroundmusic.com)

Minum menggunakan sedotan berdampak pada kulit wajah di sekitar bibir. Saat kamu mengerutkan bibir ke depan untuk menyedot minuman, hal itu dapat menimbulkan garis-garis halus di sekitar bibir. Hal tersebut akan  membuat kulit bibir menjadi tegang dan semakin memperdalam serta memperjelas lipatan-lipatan pada bibir, jika kamu juga sering melakukan hal tersebut.

3. Mengucek mata

Mengucek mata (webmd.com)

Saat mata terasa gatal mungkin tanpa sadar kamu akan mengucek matamu, tetapi ternyata hal itu akan memberi bekas pada kulit wajah di sekitar mata. Karena saat kamu mengucek mata akan terjadi gesekan yang membuat kulit di sekitar matamu mengeriput.

4. Menyipitkan mata saat melihat

Menyipitkan mata (classicalatelierathome.com)

Mungkin kamu memiliki sedikit gangguan pengelihatan, sehingga ketika melihat sesuatu kamu harus menyipitkan matamu. Hampir sama dengan mengucek mata, kebiasaan menyipitkan mata saat melihat juga akan memberi bekas lipatan pada kulit wajah di sekitar mata.

5. Stress berlebihan

Kamu kalau stress begini? (epilepsyu.com)

Kalau yang satu ini semua orang pasti tahu, bahwa stress yang berlebihan akan membuat wajah tidak bercahaya dan terlihat lebih cepat tua. Tetapi terkadang orang tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami stress, sehingga penuaan dini terjadi dalam dirinya tanpa ia sadari. Buatlah dirimu selalu dalam keadaan tenang, senang dan nyaman.

(anb)