5 Hidangan Unik Buka Puasa di Penjuru Dunia

Siapa bilang menu buka puasa harus dengan makanan manis saja. Buktinya, hidangan-hidangan berikut ini menjadi menu yang selalu disajikan saat berbuka puasa.

Bahkan, menu-menu dari berbagai negara tersebut dijadikan sebagai hidangan unik untuk buka puasa. Keunikannya sendiri berasal dari bahan dan cara penyajiannya.

Dilansir Vemale, Kamis (18/06), inilah 5 hidangan unik buka puasa di penjuru dunia versi JadiBerita.

1. Ayam Percik

Ayam Percik (Flickr.com/Valisa)
Ayam Percik (Flickr.com/Valisa)

Menu khas Malaysia bernama Ayam Percik bisa dijadikan menu buka puasa lho. Ayam Percik kerap disebut sebagai menu buka puasa paling unik di penjuru dunia. Hidangan ini dimasak dengan memakai rempah-rempah dan santan kelapa. Umumnya, ayam percik disajikan dalam bentuk ayam bakar.

2. Lahm Lhalou

Lahm Lhalou (Flickr.com/Cliffclvr)
Lahm Lhalou (Flickr.com/Cliffclvr)

Hidangan buka puasa paling unik di penjuru dunia lainnya adalah Lahm Lhalou. Ini adalah makanan yang berasal dari Arab. Lahm Lhalou terbuat dari daging dengan cita rasa manis. Jika ingin memasak Lahm Lhalou, kamu harus mencampurkan daging dengan jahe, jeruk, almond, dan kismis.

3. Fesenjan

Fesenjan (Flickr.com/JasonPerlow)
Fesenjan (Flickr.com/JasonPerlow)

Fesenjen juga menjadi hidangan buka puasa unik di penjuru dunia. Masakan Iran ini terbuat dari bahan dasar unggas seperti bebek, ayam, dan burung dara. Cara memasaknya dengan mencampurkan bahan utama bersama sirup delima dan kenari. Biasanya, Fesenjan disajikan dengan nasi yang masih hangat. Tahukah kamu? Hidangan ini bisa disimpan dalam waktu lama lho. Meski begitu, rasanya masih tetap enak.

4. Pakora

Pakora (Flickr.com/Pankajune)
Pakora (Flickr.com/Pankajune)

Pakora yang merupakan hidangan dari India juga termasuk menu buka puasa paling unik di penjuru dunia. Hidangan ini bentuknya mirip jamur crispy di Indonesia. Pakora sendiri terbuat dari tepung, rempah-rempah dan potongan sayuran. Meski Pakora adalah hidangan buka puasa, namun makanan ini ternyata sulit diperoleh.

5. Harira

Harira (Flickr.com/JoeyArmstrong)
Harira (Flickr.com/JoeyArmstrong)

Terakhir, Harira juga menjadi hidangan buka puasa unik di penjuru dunia. Harira ialah menu yang sering disantap oleh penduduk Maghribi di Afrika Utara. Selama ini, Harira dikenal sebagai sup khas dengan daging domba sebagai bahan utama. Biasanya, Harira acapkali disajikan dengan campuran sayuran, mie serta bumbu-bumbu herbal alami.

(nha)