Bulan Ramadhan sudah tiba, puasa sudah menjadi wajib hukumnya bagi umat muslim. Banyaknya jajanan berbuka puasa atau yang sering kita sebut takjil mewarnai berbagai macam sudut dan pinggiran jalan. Pemandangan seperti itu sudah tidak asing lagi kamu temui saat bulan Ramadhan. Bagi sebagian orang, berbuka puasa dengan minuman es merupakan hal yang memberikan kepuasaan tersendiri untuk memuaskan dahaga setelah seharian berpuasa. Berikut ada lima macam es asli Indonesia yang pas untuk berbuka puasa, yaitu:

1. Es Teler

es teler (boycreations.files.wordpress.com)
es teler (boycreations.files.wordpress.com)

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan es yang satu ini. Es Teler adalah minuman dengan potongan buah alpukat, kelapa muda, nangka, santan kelapa, susu kental manis, sirup serta tak ketinggalan es batu yang telah diserut. Es ini dinamakan es teler karena Tukiman Darmowijono, si pencipta es teler di Semarang pada tahun 1980-an memberikan minuman es ini kepada anak-anak muda di sana dan setelah mencobanya, mereka bilang kalau es ini sangat enak hingga membuat teler.

2. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo (resepmasakanpedia.com)
Es pisang ijo (resepmasakanpedia.com)

Es pisang ijo yang berasal dari Makassar ini memang bisa membuat kamu kenyang karena es ini terbuat dari pisang raja yang dibalut dengan tepung sagu. Warna hijau sendiri dari daun suji atau pandan sehingga lebih sehat. Es pisang ijo dihidangkan bersama kuah santan, mutiara, es batu, dan sirup.

3. Es Cendol

Es Cendol (pasitoapasitoblog.blogspot.com)
Es Cendol (pasitoapasitoblog.blogspot.com)

Es cendol tidak pernah absen saat bulan Ramadhan tiba. Ada banyak sekali pedagang es cendol yang berjualan dipinggir jalan saat bulan Ramdhan. Cendol sendiri terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan es parut, gula merah cair dan santan. Di daerah Sunda, es ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan es dawet.

4. Es Selendang Mayang

selendang mayang (jajanpinggiran.blogspot.com)
selendang mayang (jajanpinggiran.blogspot.com)

Es yang menyegarkan ini memang jarang kamu temui. Es selendang mayang merupakan minuman khas Betawi. Es selendang mayang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung hunkwe. Disajikan dengan sirup manis berbahan gula pasir dengan tambahan santan dan aroma pandan serta susu sebagai penambah cita rasa. Sebagian penjual terkadang menambahkan beberapa potong buah nangka ke dalam sirup karena bisa menambah rasa dan aroma yang menggugah selera.

5. Es Campur

es campur (berenjit.blog.com)
es campur (berenjit.blog.com)

Es yang satu ini memang agak mirip dengan es teler, hanya saja komposisi di dalam es campur lebih beragam. Sesuai dengan namanya, es ini merupakan campuran dari berbagai macam campuran seperti, kolang-kaling, dawet, alpukat, nangka, nanas, melon, cincau hitam, bahkan ada yang menambahkan potongan roti tawar di dalamnya. Beda daerah beda pula bahan yang dimasukkan ke dalam es campur. Di Medan, es campur menggunakan kacang merah, sagu, dan biji delima dalam campurannya. Di Jakarta sendiri, es campur ditambahkan daging buah kelapa dan tapai singkong di dalamnya. (jow)