5 Tradisi Ramadan yang Cuma Ada di Indonesia


Keistimewaan bulan Ramadan selalu disambut suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Sebagai negara dengan pemeluk Islam terbesar, Indonesia memiliki tradisi yang hanya ditemui saat bulan puasa. Selain itu, uniknya, tradisi ini hanya ada di Indonesia. Berikut kelima tradisinya, dilansir dari Dreamcoid, Senin (22/6/2015).

1. Keliling membangunkan sahur

Membangunkan sahur (Dream)
Membangunkan sahur (Dream)

Tradisi unik ini sudah berlangsung sejak lama dan biasanya dilakukan lepas tengah malam hingga sepertiga malam terakhir. Kebiasaan warga membangunkan warga lainnya untuk menyiapkan kebutuhan makan sahur biasanya ‘dipersenjatai’ dengan beragam aksesori. Sambil berkeliling, warga yang kebanyakan anak-anak biasanya memukul-mukul galon, kaleng, hingga panci bekas. Ada juga yang membangunkan sahur dengan menggunakan pengeras suara dari masjid. Biasanya ini dilakukan di dalam komplek.

2. Buka bersama

Buka bersama (Dream)
Buka bersama (Dream)

Buka bersama atau lebih dikenal dengan istilah ‘bukber’ seakan sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain menyantap menu berbuka puasa secara bersama-sama, bukber juga menjadi ajang silaturahmi bagi kerabat. Kegiatan buka bersama biasanya dilakukan di rumah, restoran, panti asuhan, dan tempat lainnya.

3. Ngabuburit

Ngabuburit (Dream)
Ngabuburit (Dream)

Tradisi yang satu ini hanya ada di Indonesia. Ngabuburit merupakan istilah yang berasal dari bahasa Sunda yang berarti aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa tiba. Ada beragam aktivitas yang dilakukan saat sore hari menjelang malam. Seperti jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, membeli makanan berbuka, tadarus Alquran hingga bersenda gurau dengan keluarga dan kerabat.

4. Bazar dadakan

Bazar (Dream)
Bazar (Dream)

Yang menjadikan bazaar Ramadan terasa unik karena akan banyak penjaja makanan yang mendadak menjual beragam takjil untuk berbuka puasa. Tidak perlu lahan khusus berukuran luas untuk membuat bazaar Ramadan. Di berbagai sudut perumahan warga, sekitar masjid, hingga pinggir-pinggir jalan kerap digunakan sebagai lokasi berjualan oleh para pedagang ‘dadakan’.

5. Bagi-bagi takjil

Bagi-bagi takjil (Dream)
Bagi-bagi takjil (Dream)

Tradisi membagikan takjil gratis saat sore hari jelang waktu berbuka umumnya dilakukan dengan menyasar para pengguna jalan. Kegiatan yang dilakukan oleh banyak kalangan ini umumnya membagikan menu berbuka yang sederhana seperti kolak dan es buah. Keduanya merupakan menu berbuka puasa yang sudah identik dengan umat muslim di Tanah Air. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak