Kamu punya band? Sudah punya lagu ciptaan sendiri juga? Jika sudah, tentunya band kamu dirasa kurang lengkap jika tidak memiliki video klip. Biasanya band-band indie kini tidak lagi menyewa jasa Rumah Produksi ternama untuk produksi video clipnya. Mereka lebih mencari cara-cara irit dan efektif. Berikut ini adalah beberapa tips bikin video klip dengan budget minim, namun hasil tetap keren, dilansir dari blog Musikindiebdg, Selasa (23/6/2015).

1. Gunakan Kamera DSLR

Kamera DSLR (Cara)
Kamera DSLR (Cara)

Menggunakan kamera yang digunakan untuk syuting film bisa mahal harganya. Cara lainnya, kamu bisa gunakan kamera DSLR. Tidak punya? Kamu bisa sewa. Harga sewanya sekitar Rp 200 ribu. Jauh lebih murah dibandingkan kamera syuting film yang harganya jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

2. Sewa alat band

Alat band (Usaha Jakarta)
Alat band (Usaha Jakarta)

Jika kamu tidak punya alat band sendiri, kamu bisa sewa alat bandnya dari studio yang murah dan kosong saat pagi. J misalnya jam 8 pagi syuting, alat band sudah balik jam 1 siang. Tentunya akan lebih murah jika kamu punya alat band sendiri, jadi tidak perlu mengeluarkan biaya sewa.

3. Perizinan tempat syuting

Tempat syuting (WowKeren)
Tempat syuting (WowKeren)

Usahakan cari tempat yang gratis dan sesuai dengan konsep video klip kamu. Jika tidak ada yang gratis, paling tidak kamu keluar uang untuk keamanan saja. Jangan menyewa tempat, karena bisa mahal.

4. Model video klip

Model video klip (YouTube)
Model video klip (YouTube)

Untuk mempermanis video klip kamu, tentunya dibutuhkan seorang model, bisa pria bisa juga wanita. Tentunya kamu harus memilih model video klip yang menarik dipandang. Kamu bisa ajak teman kamu untuk menjadi modelnya, sehingga kamu tidak perlu keluar biaya.

5. Proses syuting

Syuting (Muvila)
Syuting (Muvila)

Sebelum melakukan syuting, disarankan para personel band diberi arahan, mungkin 3 hari sebelumnya. Karena pada saat syuting tak sedikit personel band yang kaku saat di-shoot, sehingga mempengaruhi kualitas video, dan susah mencari potongan video yang pas.
Ambil dari banyak angle, banyak video. Kamu juga bisa tiru angle video klip dari band-band yang mempuyai kualitas video bagus.

6. Editing

Editing (Twicsy)
Editing (Twicsy)

Disini kamu disarankan untuk belajar sambil mempraktekkan. Kamu bisa melakukan ini di komputer kamu sendiri. Carilah tutorial tentang editing video di Adobe Premiere dan After Effect, carilah dengan keyword berbahasa Inggris. Tiru video clip yang kamu inginkan dari mulai pindah adegan sampai coloring di After Effect. (tom)