Ario Bayu (sidomi)

Banyaknya film-film yang mengangkat kisah tokoh-tokoh pemimpin nasional Republik Indonesia pun dirasa sangat menarik.

Namun, bukan perkara mudah bagi sutradara film-film biografi itu dalam mencari aktor yang tepat untuk memerankan tokoh pemimpin nasional RI. Para sutradara pun harus cermat dalam menyeleksi sang aktor. Inilah 5 aktor ganteng pemeran pemimpin nasional RI versi JadiBerita.

1. Ario Bayu

Ario Bayu (sidomi)
Ario Bayu (sidomi)

Jika aden dan enon sempat menonton film Soekarno: Indonesia Merdeka, pasti kamu akan melihat sosok Soekarno diperankan oleh aktor Ario Bayu. Sutradara film ini yakni Hanung Bramantyo pun mengungkap alasan kenapa ia memilih Ario untuk memerankan tokoh Soekarno. “Kenapa Ario Bayu, menurut saya memang itu yang pas. Munculnya pertama kali konflik sebenarnya sederhana. Ketidakcocokan pemain. Kalau kita sikapi dengan dewasa sebenarnya nggak akan ada masalah seperti ini,” ujar Hanung.

2. Reza Rahadian

Reza Rahadian (kompas)
Reza Rahadian (kompas)

Si tampan Reza Rahadian juga sukses memerankan tokoh pemimpin nasional RI yaki BJ Habibie. Didaulat sebagai BJ Habibie, Reza pun dinilai sangat mirip dengan presiden ke-tiga RI itu mulai dari cara berbicara, tertawa, menatap, gerak tangan, sampai gaya berjalan. Iya itu (lepas karakter Habibie) lumayan menjadi PR buat saya. Untuk observasi saya punya waktu singkat, tapi beruntung saya masih bisa bertemu dengan B.J. Habibie. Saya melakukan wawancara dengan beliau dan mempelajari cara gerak gerik dia hingga gaya bicaranya. Bagi saya yang paling berharga adalah bisa membuat orang lain merasa bahagia,” tutur Reza

3. Ben Joshua

Ben Joshua (detik)
Ben Joshua (detik)

Selanjutnya, Ben Joshua juga berhasil memerankan tokoh pemimpin nasional RI yaitu Joko Widodo. Berperan sebagai Jokowi, Ben pun banjir pujian maupun kritik. Namun, semua itu ia terima dengan lapang dada. “Rata-rata orang yang tahu aku perankan Pak Jokowi bilang mukanya nggak cocok. Tapi kalau bermain karakter nggak harus fisik yang mirip. Asal gestur dan cara bicara serta menghadapi orang sekitarnya, kita bisa menghidupkan karakter itu. Ya, minimal mendekati,” tandas Ben.

4. Agus Kuncoro

Agus Kuncoro (dreamersradio)
Agus Kuncoro (dreamersradio)

Bermain di film Sang Kyai, Agus Kuncoro didapuk menjadi tokoh ternama di Tanah Air bernama KH Wahid Hasyim. Agus pun merasa tertantang sekaligus bangga dipilih untuk memerankan tokoh ayahanda Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid tersebut. “Peran yang sangat menantang. Tantangannya adalah saya harus menggunakan dialek Jombang dan mengimami shalat di depan santri Jombang. Ini kehormatan bagi saya, memerankan tokoh yang membuat blue print Indonesia,” pungkas Agus.

5. Lukman Sardi

Lukman Sardi (uniqpost)
Lukman Sardi (uniqpost)

Layaknya Agus Kuncoro, Lukman Sardi juga termasuk aktor yang berperan sebagai tokoh pemimpin nasional RI. Lukman didaulat menjadi KH Ahmad Dahlan yang merupakan pendiri organisasi keagamaan Muhammadiyah. Lukman pun mendapatkan pengalaman religi dalam memerankan tokoh Ahmad Dahlan di film Sang Pencerah. “Pasti, seorang tokoh Ahmad Dahlan seorang Kiai. Tapi bukan yang selalu benar. Tapi dia memberikan logika yang dalam, dia mengajarkan agama secara dalam tidak hanya kulitnya. Karena kalau kulitnya saja bisa membahayakan lingkungan kalau enggak tahu sampai dalam,â? ungkap Lukman.

(nha)