Beberapa tahun yang lalu, anime atau kartun Jepang yang masuk ke Indonesia masih bisa dihitung dengan tangan. Misalnya “Doraemon”, “Saint Seiya”, atau “Dash Yonkuro”. Kini anime sudah tak terhitung lagi banyaknya. Beberapa di antara anime itu juga ada yang terkenal di Indonesia, seperti “Naruto”, “One Piece” atau “Bleach”.

Anime Jepang dikenal karena memiliki gerakan yang lebih luwes dibandingkan dengan kartun buatan Barat. Selain itu, genrenya juga bervariasi. Ada yang action, komedi, drama romantis, bahkan horor. Namun bagaimana jika dalam anime itu ada kesalahan produksi sehingga membuat tokoh dalam anime itu memiliki penampilan yang aneh?

Namanya juga manusia, pasti ada beberapa kesalahan dalam pembuatannya. Entah karena dikejar deadline atau memang malas membuat yang bagus. Meski demikian, kesalahan gambar itu justru menjadi menarik dan bisa membuat kita tertawa.

Sebagai contohnya ada tokoh Sasuke dari “Naruto”. Dia dikenal sebagai salah satu tokoh tampan dalam anime tersebut. Namun ada kalanya Sasuke digambarkan cukup asal, sehingga dia memiliki kepala berbentuk aneh dan tidak proporsional.

Lalu ada juga tokoh lainnya yang lengan bajunya bisa panjang dan pendek sendiri. Di satu adegan bajunya lengan pendek, namun di adegan lainnya lengan bajunya menjadi panjang. Padahal adegan itu berada di dalam satu episode.

Kemudian ada Luffy, tokoh utama “One Piece”, yang wajahnya terlihat lebih gemuk dan berbeda daripada biasanya. Padahal dia digambarkan tidak bisa gemuk kecuali bagian perutnya saja karena kebanyakan makan.

Seperti apa kesalahan gambar di dalam anime-anime itu? Langsung saja lihat foto-fotonya di bawah ini. (tom)