Tak dapat dipungkiri, banyaknya film animasi yang hadir di bioskop membuat masyarakat berbondong-bondong untuk menonton.

Selain ceritanya yang seru, karakter-karakter yang ditampilkan pada film animasi juga menarik dan lucu. Namun, pernahkah kamu berpikir siapa yang menciptakan karakter-karakter di film tersebut?

Ternyata, sebagian dari mereka adalah animator asal Indonesia yang ikut andil dalam menggarap tokoh-tokoh dalam film animasi. Bahkan, beberapa animator Indonesia ini punya prestasi yang mendunia.

Dilansir Merdeka, inilah 5 animator Indonesia yang mendunia versi JadiBerita.

1. Rini Sugianto

Rini Sugianto (merdeka)
Rini Sugianto (merdeka)

Wanita berambut panjang bernama Rini Sugianto sukses menggebrak dunia dengan profesinya sebagai animator. Tercatat, perempuan asal Indonesia ini pernah membuat film berjudul The Adventures of Tintin. Berkat kecerdasannya, Rini dipercaya bekerja sebagai animator di perusahaan WETA digital di Selandia Baru. Hingga saat ini, Rini sudah mengerjakan total adegan sebanyak 70 shot di film Tintin. Kabarnya, Rini juga ikut andil untuk mengerjakan animasi film The Avengers, Thor dan Captain America.

2. Griselda Sastrawinata

Griselda Sastrawinata (merdeka)
Griselda Sastrawinata (merdeka)

Selain Rini Sugianto, Griselda Sastrawinata juga berhasil menjadi animator yang mendunia. Lulusan Art Center College of Design di Pasadena, AS ini terlibat dalam penggarapan film Shrek. Griselda kini bekerja di studio ternama yakni Dreamwork. Perusahaan terkenal ini diketahui telah memproduksi film animasi di antaranya Kungfu Panda, Madagascar, Monster Aliens, dan lain sebagainya.

3. Marsha Chikita Fawzi

Marsha Chikita Fawzi (dream)
Marsha Chikita Fawzi (dream)

Putri cantik dari Ikang Fawzi ini juga menjadi salah satu animator Indonesia yang berprestasi di kancah dunia. Marsha Chikita Fawzi adalah seorang animator film Upin-Ipin. Hebatnya, Marsha menjadi satu-satunya orang Indonesia yang bekerja di Las Copaque Production, rumah produksi yang membuat film animasi Upin-Ipin. Namun, saat ini Marsha sudah tak menjabat sebagai animator lagi, melainkan di bagian komposter. Bagian komposter sendiri bertugas menangani efek visual pada karakter film.

4. Pamela Halomoan

Pamela Halomoan (linkedin)
Pamela Halomoan (linkedin)

Di usia belia yakni 19 tahun, Pamela Halomoan sudah mampu menjadi animator asal Indonesia yang mendunia. Ribuan karakter sudah dibuat oleh tangan Pamela, salah satunya tokoh animasi bernama Wolly. Tokoh ini sendiri adalah seekor babi dengan mata setengah terbuka yang diikuti bentuk badan penggabungan dari beberapa hewan. Sejumlah karya Pamela pun sudah disaksikan oleh publik Singapura, Amerika, Inggris dan Turki.

5. Michael Reynold Tagore

Michael Reynold Tagore (keepo.me)
Michael Reynold Tagore (keepo.me)

Di urutan kelima, Michael Reynold Tagore ikut mengharumkan Indonesia dengan menjadi salah satu animator Tanah Air yang mendunia. Michael sendiri adalah animator yang bertugas mendesain animasi kostum salah satu film superhero Iron Man 3. Bersama dengan Rini Sugianto, Michael juga bekerja di Weta Digital yang merupakan perusahaan yang memproduksi film-film box office Hollywood.

(nha)