Ilustasi dehidrasi (mytoastory.com)

Menjalani puasa mengharuskan kita untuk menahan rasa lapar, dahaga serta emosi. Salah satu gangguan yang mungkin akan menyerang tubuh secara jelas adalah ancaman dehidrasi. Dehidrasi sendiri terjadi karena keluarnya cairan dari tubuk lebih banyak dibandingkan   masuknya cairan. Gangguan kehilangan cairan tubuh disertai dengan adanya   gangguan keseimbangan pada zat elektrolit tubuh.  Untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh selama menjalani ibadah puasa, JadiBerita akan memberikan tipsnya untuk kamu:

1. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih (ummi-online.com)

Meskipun sedang menjalani ibadah puasa, tidak memungkinkan kamu untuk bisa minum di siang hari, hal itu bukan alasan. Kamu perlu tetap mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Hal itu dapat disiasati dengan 2 gelas ketika berbuka, 4 gelas saat malam dan 2 gelas saat sahur seperti yang dianjurkan oleh produk air mineral, Aqua dalam program #AQUA242.

2. Konsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi

Buah dan sayur sehat (bulanku.com)

Selain banyak minum air putih, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan yang sekiranya memiliki kandungan air yang tinggi. Bisa buah-buahan atau sayuran. Untuk buah kamu bisa mengkonsumsi melon, semangka, pir, jeruk dan anggur. Sedangkan untuk sayuran, kamu bisa mengkonsumsi mentimun, seledri dan brokoli.

3. Minum air kelapa

Seger banget minum air kelapa (dailymail.co.uk)

Mengkonsumsi air kelapa merupakan salah satu cara untuk mengatasi dehidrasi. Di dalamnya terkandung isotonik dan eletrolit yang bermanfaat sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang ketika beraktivitas. Air kelapa juga mengandung vitamin B, C, asam amino, mangan, magnesium dan potasium.

4. Hindari kafein dan soda

Say no to caffein! (wordpress.com)

Kafein memiliki kemampuan untuk menghilangkan kelembaban dan mengambil manfaat air dari dalam tubuh, sedangkan soda akan memberikan efek begah pada perut.

5. Minum susu

Segelas susu (blogspot.com)

Sebuah penelitian di McMaster University mengatakan bahwa susu lebih baik untuk mencegah dehidrasi dibandingkan suplemen atau air putih. Karena susu mengandung protein, karbohidrat, kalsium dan eletrolit.

(anb)