Rahasia Melipat Baju Ala Mahasiswa UGM

Melipat pakaian tentunya sangat menyita waktu, terutama bagi orang yang sibuk apalagi malas mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Tapi kini kamu tidak perlu khawatir lagi, hanya dengan sekali tekan maka baju kamu bisa langsung terlipat dengan rapi. Dengan alat pelipat baju otomatis yang diberinama Pasebos ini baju kamu bisa rapi dalam sekejap. Pasebos merupakan hasil inovasi yang diciptakan oleh lima orang mahasiswa UGM program studi Elektronika dan Instrumentasi Sekolah Vokasi UGM. Mereka adalah Yoga Adi Candra, Farouq Rifani, Rahmatia Firda A, Bagus Purnomo, dan Mukhlisin.

Alat ini kita kembangkan untuk membantu mempermudah pekerjaan rumah tangga, supaya pekerjaan melipat lebih efisien dan dilakukan secara otomatis. Sekali tekan kurang dari 5 detik baju sudah terlipat rapi, kata Yoga.

Yoga menuturkan pengembangan Pasebos sudah dimulai sejak bulan April 2015. Pasebos dibuat dengan menggunakan alat pelipat baju yang sudah banyak beredar di pasaran kemudian dimodifikasi dengan tiga motor servo bertegangan 6 volt sebagai penggeraknya dan dikontrol oleh mikrokontroler arduino. Untuk memudahkan penggunaannya, Pasebos dilengkapi dengan LCD 16×2 sebagai interface. Melalui LCD akan ditampilkan keterangan terkait kesiapaan penggunaan alat.

Ada empat tombol pada alat ini yaitu tombol otomatis, gerak lipat kiri, gerak lipat kanan, gerak lipat tengah, tutur Yoga.

Pasebos mempunyai dua mode pengoperasian yaitu otomatis dan manual. Dengan mode otomatis cukup dengan melakukan satu kali pencet di tombol otomatis maka alat pelipat akan bergerak melipat baju mulai dari arah kiri, kanan, dan tengah. Sementara dengan mode manual operator harus memencet tiga tombol secara bergantian untuk mendapatkan baju terlipat secara rapi.

Alat ini bisa digunakan untuk melipat baju ukuran orang dewasa, jelasnya Rahmatia menambahkan.

Keunggulan lain dari Pasebos adalah alat mudah disimpan karena dapat dilipat. Saat ini Yoga dan kawan-kawannya tengah melakukan pengembangan lebih lanjut dengan berupaya menambah fungsi setrika otomatis.

Kita sedang upayakan untuk menambahkan setrika uap otomatis agar fungsi Pasebos lebih optimal. Saat ini kita sedang melakukan beberapa kali uji coba untuk pemasangan setrikanya, semoga segera bisa jadi, harapnya lagi.

Semoga pembuatan Pasebos dapat disempurnakan secara optimal dan bisa segera dibuat secara massal serta diperjualbelikan sehingga kita bisa melipat dan menggosok dengan cepat ya guys! (jow)

Written by Merna Arini

Buka jendela ilmu dengan membaca.

Totalitas, 5 Aktris Ini Perankan Karakter Beda Agama

5 Gedung Paling Eksentrik di Jakarta