Jenis kurma paling memikat lidah (jadiberita.com)

Memasuki bulan Ramadan, ada satu jenis buah yang memiliki tempat khusus di hati masyarakat muslim di seluruh dunia, yakni kurma. Selain karena disunahkan oleh Rasulullah, kurma juga memiliki rasa yang manis dan berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh guna mengganti energi selama berpuasa. Buah asal Jazirah Arab ini memang sangat digemari dan kini sudah dibuddayakan di wilayah beriklim hangat seluruh benua. Kalau ada kurma di hadapanmu saat waktu berbuka tiba, kamu pasti langsung mengambilnya tanpa tahu jenis apa yang kamu makan. Berikut ini JadiBerita akan menginformasikan beberapa jenis kurma yang paling memikat lidah:

1. Kurma ajwa

Kurma Ajwa (eramuslim.com)

Jenis kurma yang satu ini merupakan kurma favorit Nabi Muhammad SAW, dengan ciri khas berwarna hitam, memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu manis ini hanya tumbuh di kota Madinah. Kurma jenis ini memiliki rasa yang mirip seperti kismis.

2. Kurma sekki

Kurma Sekki (merdeka.com)

Dengan bagian atas berwarna agak kekuning-kuningan dan bagian bawah agak kecoklatan, kurma ini memiliki tingkat kemanisan yang sedang. Bagian atas berwarna kuning cenderung lebih keras dibandingkan bagian bawah yang berwarna kecokelatan memiliki tekstur lebih lembut.

3. Kurma barhi

Kurma Barhi (oleh-oleh-haji.com)

Kurma yang bisa ditemui kapan saja, tidak hanya di bulan Ramadan ini memiliki warna cokelat cerah dan rasanya seperti caramel, manis serta lengket.

4. Kurma sokari

Kurma Sokari (female.co.id)

Dengan tekstur yang beragam yakni ada yang lembut dan keras, kurma yang memiliki rasa manis dan sedikit kering ini merupakan jenis kurma yang paling disukai oleh masyarakat di Saudi Arabia.

5. Kurma monief

Kurma Monief (blogspot.com)

Jenis kurma monief memiliki warna cokelat yang terang dan ukurannya yang tidak terlalu besar. Dengan rasa manis yang sedang dan tekstur yang lembut membuat kurma jenis ini cukup digemari.

(anb)