Kalimat ‘Kapan Nikah’ adalah pertanyaan yang kerap membuat kita kesal atau bosan saat mendengarnya.

Apalagi, kalau umur sudah matang tapi tak kunjung menikah. Belum lagi, desakan dari pihak keluarga, teman, saudara yang selalu memaksa kita untuk segera menikah. Kebayang dong rasanya gimana?

Nah sekarang, kamu tak perlu merasa jengkel atau marah lagi ketika ditanya kapan nikah. JadiBerita akan memberi tips untuk kamu dalam hadapi pertanyaan ‘kapan nikah’.

1. Tersenyum Manis

Berikan senyum saat ditanya kapan nikah (dailymail)
Berikan senyum saat ditanya kapan nikah (dailymail)

Respon yang paling sering dilakukan seseorang ketika ditanya kapan nikah adalah tersenyum. Di sini, senyuman mereka menjadi sinyal bahwa mereka juga tak tahu pasti kapan akan melangsungkan pernikahan. Dengan kata lain, mereka pun masih bingung. Bisa juga, mereka enggan menjawab pertanyaan itu, jadi ya sudah senyum saja. Daripada menjawab tapi malah belum pasti.

2. Tanya Balik

berkumpul dengan sahabat (thinkstockphotos.com)
berkumpul dengan sahabat (thinkstockphotos.com)

Kadang ada orang yang ditanya kapan nikah, tapi orang yang ditanya itu malah balik bertanya. Lucu ya kalau seperti itu. Tapi ya itulah reaksi mereka yang ditanya kapan akan nikah. Mungkin orang yang balik bertanya merasa bingung atas jawabannya. Jadi, dia mencari tahu jawabannya kepada orang lain apabila berada diposisinya.

3. Melontarkan kalimat lucu

Melucu ketika ditanya kapan akan menikah (dailymail)
Melucu ketika ditanya kapan akan menikah (dailymail)

Sebagian orang juga sering melucu saat ditanya kapan nikah. Mungkin melontarkan kalimat lucu bisa menjadi tips kamu untuk hadapi pertanyaan kapan nikah. Keluarkan saja guyonan khasmu yang bisa membuat sahabat kamu tertawa. Ya, bisa dibilang, mengalihkan pembicaraan gitu deh. Di sini, kamu harus benar-benar memutar otak agar leluconmu berhasil membuat mereka tertawa dan terhibur.

4. Geleng-geleng

Kebingungan melanda kala ditanya kapan nikah (bbc)
Kebingungan melanda kala ditanya kapan nikah (bbc)

Geleng-geleng adalah reaksi yang paling sering dilakukan seseorang saat ditanya kapan nikah. Seseorang yang geleng-geleng artinya dia sudah benar-benar tak tahu harus menjawab apa. Jadi menurut mereka, daripada mengeluarkan jawaban tak pasti, mending merespon gerakan dengan geleng-geleng kepala saja.

5. Berikan Jawaban Bijak

Memberi jawaban bijak (vk.com)
Memberi jawaban bijak (vk.com)

Tips terakhir bisa kamu ikuti saat ditanya kapan nikah. Kamu bisa mengatakan kalimat bijak seperti ini “Nanti akan tiba saatnya”, “Menjalin rumah tangga itu sekali seumur hidup, jadi tak bisa sembarangan memutuskan asal nikah saja”, “Jodoh akan datang pada saat yang tepatâ?, “Jodoh di tangan Tuhan, rahasia Tuhan tentang jodoh pasti lebih indah dari rencana kita sendiriâ?. Bijak sekali bukan den, non.

(nha)