Penyanyi Muslim Terkenal Di Dunia

Jika biasanya lagu-lagu religi hanya dilantunkan oleh grup Qasidah atau Nasyid saja, maka kini lagu-lagu bertema religi bisa didendangkan oleh siapa saja.

Tak kalah eksis dengan genre pop dan rock, lagu religi juga mendapatkan tempat sendiri bagi penikmat musik di seluruh dunia. Berbicara dengan lagu religi, ada beberapa penyanyi yang berhasil terkenal berkat kepiawaiannya mendendangkan alunan lagu religi.

Inilah 5 penyanyi religi paling terkenal sedunia versi JadiBerita.

1. Sami Yusuf

Sami Yusuf (musikpedia)
Sami Yusuf (musikpedia)

Sami Yusuf menjadi penyanyi religi paling terkenal sedunia sejak meluncurkan album pertama bertajuk Al-Mu’allim pada 2003 silam. Tak tanggung-tanggung, album pertamanya terjual sebanyak 3 juta kopi. Tak puas dengan satu album saja, Sami pun kembali merilis album kedua berjudul My Ummah dengan nilai penjualan sebanyak 4 juta kopi. Beberapa lagu Sami tak selalu memakai bahasa Inggris saja. Acapkali ia suka memadukan dengan bahasa lain seperti Bahasa Urdu, Arab, Iran, India, Turki, dan Melayu.

2. Maher Zain

Maher Zain (viva)
Maher Zain (viva)

Maher Zain pun ikut masuk dalam jajaran penyanyi religi paling terkenal sedunia. Namanya langsung meroket berkat lagu berjudul Insha Allah. Lagu-lagu Maher sebagian besar hampir menggunakan jenis RnB. Pada tahun 2011, beberapa lagu Maher dibuat versi bahasa lain, seperti lagu Insha Allah dan For the Rest of My Life yang dialihkan ke dalam bahasa ke Bahasa Indonesia. Judul lagunya pun berubah dari For the Rest of My Life menjadi Sepanjang Hidup.

3. Raihan

Raihan (maniaklagu)
Raihan (maniaklagu)

Grup Nasyid bernama Raihan juga termasuk sebagai penyanyi religi terkenal di dunia. Grup asal Malaysia ini tercatat sudah merilis 11 album dan beberapa lagunya tak hanya berbahasa Melayu, tetapi juga Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, serta Bahasa Cina. Raihan memiliki 5 orang personel di antaranya Che Amran Idris, Abu Bakar Md Yatim, Amran Ibrahim, dan Zulfadli bin Mustaza. Sebagai grup Nasyid terbaik, Raihan pernah mengadakan Tur Internasional, seperti ke Indonesia, Singapura, Russia, Manchester, Bristol, Glasgow, dan masih banyak lagi.

4. Zain Bhikha

Zain Bhikha (musikpedia)
Zain Bhikha (musikpedia)

Pria kelahiran 9 Agustus 1974 bernama Zain Bhikha ini juga menjadi salah satu penyanyi religi terpopuler sedunia. Hingga saat ini, Zain telah merilis 9 album religi yang selalu diterima positif oleh penikmat musik di belahan dunia. Hebatnya, Zain didaulat sebagai ikon dari musik Islam. Album milik Zain sendiri banyak beredar di berbagai negara contohnya Turki, Malaysia, Australia, Kanada, Britania Raya, Amerika Serikat, dan Timur Tengah

5. Native Deen

Native Deen (musikpedia)
Native Deen (musikpedia)

Di posisi kelima alias terakhir, Native Deen berhasil mencatatkan diri sebagai penyanyi religi paling terkenal di dunia. Ini adalah sebuah grup musik yang punya tiga personel bernama Joshua Salaam, Abdul-Malik Ahmad, dan Naeem Muhammad. Genre musik yang diusung oleh grup asal Washington D.C ini adalah Hip-hop. Native Deen kini sudah merilis empat album yang masing-masing bertajuk Not Afraid to Stand Alone, Deen You Know, I Am Near, dan The Remedy.

(nha)